pulsa-logo

Awas! Mac Jadul Rentan Serangan Mirip ZombieLoad


PULSA

Jum'at, 17 Mei 2019 • 19:34

Mac Jadul Rentan Serangan Mirip ‘ZombieLoad ’


ilustrasi/Ubergimoilustrasi/Ubergimo

Baru-baru ini, terungkap adanya kerentanan terhadap prosesor Intel. Dijuluki ZombieLoad, kabar baiknya adalah bahwa Intel dikatakan telah merilis mikrokode baru kepada pada pembuat komputer untuk menambal perangkat mereka, tetapi ternyata beberapa komputer masih bisa rentan.

Menurut laporan dari AppleInsider, tampaknya komputer Mac jadul masih rentan terhadap serangan serupa. Dalam dokumen pendukung yang diterbitkan di laman web Apple, tampaknya komputer Mac yang lebih tua atau keluaran sebelum 2011 rentan terhadap serangan sejenis, dan alasan di balik Apple tidak dapat memperbaikinya adalah karena Intel tidak memberikan kode yang diperlukan.

Apple menulis, "Model-model ini dapat menerima pembaruan keamanan di macOS Mojave, High Sierra atau Sierra, tetapi tidak dapat mendukung perbaikan dan mitigasi karena kurangnya pembaruan mikrokode dari Intel." Namun, AppleInsider menunjukkan, Apple memiliki halaman dukungan yang mereka sebut "mitigasi penuh" yang akan menghilangkan kemungkinan serangan seperti itu.

Satu-satunya masalah yang bisa timbul dari serangan ini adalah bisa mengurangi kinerja sistem sebanyak 40%.  Lalu berapa jumlah pengguna Mac jadul yang ada sekarang ini?  Kekuatiran ini tampaknya tak perlu terlalu dikuatirkan karena jumlah Mac jadul yang mungkin sangat sedikit. (*)

Sumber