pulsa-logo

Akibat Sanksi AS, Google Akhirnya Cabut Lisensi Android untuk Huawei


PULSA

Senin, 20 Mei 2019 • 12:58

google,huawei,perang dagang AS-Cina,lisensi android huawei


ilustrasi (Doc.PULSA)ilustrasi (Doc.PULSA)

Sabtu lalu kami informasikan bahwa Amerika Serikat (AS) akhirnya menjatuhkan sanksi kepada perusahaan asal Cina Huawei dengan memasukan perusahaan itu ke dalam daftar ‘blacklist’ yang melarang perusahaan-perusahaan AS berhubungan bisnis dengan rakasa teknologi Cina itu. Nah, belum lama ini Google akhirnya resmi menangguhkan bisnis dengan Huawei.

Ini berarti Google tak lagi boleh mentransfer perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan teknis kecuali yang tersedia untuk umum melalui lisensi sumber terbuka, kata sumber yang mengetahui masalah tersebut seperti dikutip dari Reuters (via CNBC), Minggu (19/5).

Bagi pengguna smartphone Huawei saat ini yang sudah ada aplikasi Google, akan terus dapat menggunakan dan mengunduh pembaruan aplikasi yang disediakan oleh Google, kata seorang juru bicara Google mengatakan, membenarkan pelaporan sebelumnya oleh Reuters. "Untuk pengguna layanan kami, Google Play dan perlindungan keamanan dari Google Play Protect akan terus berfungsi pada perangkat Huawei yang ada," kata juru bicara itu, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Penangguhan ini dapat membuat bisnis smartphone Huawei bakal mengalami guncangan di luar Cina karena raksasa teknologi itu akan segera kehilangan akses ke pembaruan sistem operasi Google Android. Versi masa depan dari smartphone Huawei yang berjalan pada Android juga akan kehilangan akses ke layanan populer termasuk Google Play Store dan aplikasi Gmail dan YouTube.

"Huawei hanya akan dapat menggunakan Android versi publik dan tidak akan bisa mendapatkan akses ke aplikasi dan layanan eksklusif dari Google," kata sumber itu. (*)

Sumber