pulsa-logo

Giliran Intel dan Qualcomm Hentikan Pasokan ke Huawei


PULSA

Selasa, 21 Mei 2019 • 01:21

perang dagang AS-Cina,huawei,intel,qualcomm,sanksi as untuk huawei


logo Huawei (ilustrasi)logo Huawei (ilustrasi)

Setelah Google, kini, menurut sumber Bloomberg, pabrikan chip asal Amerika Serikat (AS) seperti Qualcomm, Intel dan Xilinx dilaporkan tidak akan lagi memasok piranti mereka ke Huawei sampai pemberitahuan lebih lanjut. Meski begitu, Huawei tampaknya lebih khawatir tentang keputusan Google untuk menangguhkan dukungan Android.

Selain perusahaan asal AS, kabar yang dilansir oleh Nikkei juga menyebutkan bahwa perusahaan asal Jerman telah memutuskan "pengiriman tertentu" kepada Huawei karena kehati-hatian, meskipun seorang juru bicara sejak itu mengatakan bahwa sebagian besar produknya tidak terkena daftar hitam AS yang mengharuskan perusahaan itu untuk mundur.

Larangan perdagangan yang efektif dapat secara serius merusak kemampuan Huawei untuk melakukan bisnis. Perusahaan ini bergantung pada chip Intel baik untuk servernya maupun PC seperti MateBook X Pro. Broadcom dan Xilinx memasok chip untuk bisnis jaringannya. Dan sementara Huawei membuat prosesor sendiri untuk banyak ponselnya, mungkin masih membutuhkan Qualcomm untuk beberapa chip.

Huawei dilaporkan telah mempersiapkan kemungkinan seperti ini dengan menimbun komponen dan merancang chip sendiri. Berharap bahwa penghentian perang dagang AS-Cina akan segera datang untuk mencegah bencana. Namun, mungkin pasokannya hanya cukup untuk beberapa bulan saja. Jika perang dagang tidak segera berakhir atau tidak mencair, Huawei mungkin terpaksa mencari alternatif atau kehilangan bagian-bagian penting dari bisnisnya. China tidak akan suka itu - Huawei adalah salah satu suar bersinar di negara itu, dan penurunan pada bagiannya dapat memiliki implikasi yang luas bagi perekonomian Tiongkok. (*)

Sumber