pulsa-logo

Google Akhirnya Lanjutkan Lagi Hubungan Bisnis dengan Huawei


PULSA

Rabu, 22 Mei 2019 • 13:41

google,huawei,perang dagang AS-cina, arangan huawei


ilustrasiilustrasi

Pemerintah AS akhirnya memberi kelonggaran selama tiga bulan kepada Huawei untuk bisa mengakses komponen dan suku cadang dari peruasahaan AS, “yang diperlukan untuk memelihara dan mendukung operasional jaringan dan peralatan yang ada dan saat ini serta pembaruan peranti lunak dan patch atau tambalan."

Lalu bagaimana dengan Google? Menurut laporan CNBC, Google telah mengumumkan bahwa mereka akan terus bekerja dengan Huawei selama 90 hari ke depan, dan berjanji untuk mengirim pembaruan ke ponsel Android perusahaan hingga 19 Agustus. Departemen Perdagangan AS mengatakan bahwa mereka akan menentukan apakah pengecualian sementara yang diumumkan kemarin harus berjalan lebih dari 90 hari.

Sebelumnya diberitakan bahwa Google menghentikan untuk sementara waktu kegiatan bisnis mereka dengan Huawei menyusul  sanksi dari Pemerintah Trump yang memasukan Huawei dan 68 afiliasi dalam daftar Entitas Biro Industri dan Keamanan (BIS). Sanksi tersebut mencegah pabrikan China memperoleh suku cadang dan komponen yang berasal dari AS tanpa lisensi yang diberikan oleh pemerintah AS.

Huawei adalah produsen smartphone terbesar kedua di dunia selama kuartal pertama, melampaui Apple. Huawei memiliki ambisi bisa merebut posisi teratas dari Samsung tahun depan, meskipun niat itu sekarang bakal tergantung dari sanksi AS apakah akan berlanjut setelah 90 hari ke depan. (*)

sumber