pulsa-logo

Google Mengembangkan AI untuk Mendeteksi Kanker Paru Lebih Cepat dan Efisien


PULSA

Rabu, 22 Mei 2019 • 18:45

google AI,AI untuk kesehatan,pendeteksi kanker paru,kanker paru


ilustrasi (cmo.com)ilustrasi (cmo.com)

Ada alasan mengapa dokter mendorong pasien untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur. Ini karena deteksi dini memudahkan mereka dapat disembuhkan atau perkembangannya dapat diperlambat. Meskipun begitu, dokter hanyalah manusia dan kadang-kadang bisa membuat kesalahan atau melewatkan hal-hal tertentu.

Di sinilah peran AI yang mungkin bisa membantu kerja dokter mendeteksi masalah kesehatan tertentu. Google tampaknya berpikiran demikian, dan Danial Tse, seorang peneliti di Google, mengembangkan suatu algoritma yang benar-benar berhasil mengalahkan beberapa ahli radiologi terlatih selama pengujiannya ketika datang untuk mendeteksi kanker paru-paru pada pasien.

Seperti yang telah kita lihat dalam model AI sebelumnya yang digunakan dalam deteksi kanker, AI diberi data ribuan data pemindaian pasien, di mana pada akhirnya mampu mempelajari seperti apa pemindaian pasien yang sehat, pasien yang mengidap, atau yang sedang mengalami gejala kanker paru-paru.

Berdasarkan itu, akan dapat memberi tahu dokter jika seorang pasien mungkin berisiko. Namun, deteksi hanya satu bagian karena perlu dilakukan tes lain untuk mengonfirmasinya, ditambah rencana perawatan juga bervariasi dari pasien ke pasien, yang berarti bahwa peran tetap dokter tidak boleh dikesampingkan.(*)

Sumber: 1, 2