pulsa-logo

Akses ke Facebook, WhatsApp Dkk Sudah Kembali Normal


PULSA

Kamis, 23 Mei 2019 • 00:10

whatsapp diblokir,facebook diblokir,akses ke facebook sudah nromal


ilustrasiilustrasi

Saat ini akses ke Facebook dan WhatsApp yang sempat dibatasi sudah kembali normal. Siang tadi Kominfo sebagai wakil pemerintah sempat membatas akses ke media social seperti Facbook, Whatsapp dan Instagram.

Keputusan tersebut diambil sebagai langkah untuk membatasi penyebaran kabar yang dapat memperkeruh suasana pada saat terjadi demo di depan kantor Bawaslu di Jakarta. Dalam Siaran Pers-nya, Kominfo menyatakan Pemerintah melakukan pembatasan sementara dan bertahap sebagian akses platform media sosial dan pesan instan. Hal itu ditujukan untuk membatasi penyebaran atau viralnya informasi hoaks yang berkaitan dengan Aksi Unjuk Rasa Damai berkaitan dengan pengumuman hasil Pemilihan Umum Serentak 2019.

"Pembatasan itu dilakukan terhadap fitur-fitur platform media sosial dan messaging system. Tidak semua dibatasi dan bersifat sementara dan bertahap," ungkap Rudiantara dalam Konferensi Pers di Kantor Kementerian Politik Hukum dan Keamanan di Jakarta, Rabu (22/05/2019) siang.

Menteri Kominfo menjelaskan bagaimana konten negatif dan hoaks piralkan melalui pesan instan. "Kita tahu modusnya dalam posting (konten negatif dan hoaks) di media sosial. Di facebook, di instagram dalam bentuk video, meme atau gambar. Kemudian di-screen capture dan piralkan bukan di media sosial tapi di messaging system WhatsApp," jelasnya.

Kominfo sebelumnya juga mengeluarkan Siaran PErs tentang himbauan untuk tidak menyebarkan konten aksi kekerasan dan ujaran kebencian. Dalam Siapan Per tersebut kominfo menegaskan akan terus  melakukan pemantauan dan pencarian situs, konten dan akun dengan menggunakan mesin AIS dengan dukungan 100 anggota verifikator. Selain itu, Kementerian Kominfo juga bekerja sama dengan Polri untuk menelusuri dan mengidentifikasi aus -akun yang menyebarkan konten negatif berupa aksi kekerasan dan hasutan yang bersifat provokatif.(*)