pulsa-logo

Pegatron Pindahkan Perakitan Chip untuk Apple ke Indonesia


PULSA

Selasa, 28 Mei 2019 • 20:23

pabrik apple di INdonesia,pegatron,pabrik apple di batan,sat nusa persada


Gerai penjualan iPhone di Margo City Depok (ilustrasi/doc.PULSA) Gerai penjualan iPhone di Margo City Depok (ilustrasi/doc.PULSA)

Pegatron Taiwan dilaporkan telah menandatangani letter of intent yang menyatakan pihaknya bermaksud untuk berinvestasi Rp10-15 triliun (695 juta hingga 1 miliar dolar AS) di pabrik Indonesia untuk merakit "chip untuk smartphone Apple",  kata Wakil MenteriIindustri Indonesia Warsito Ignatius seperti dikutip PULSA dari Reuters.

Warsito mengatakan, Pegatron berencana untuk merakit chip telepon dalam kemitraan dengan perusahaan elektronik Indonesia PT Sat Nusapersada di sebuah pabrik di pulau Batam. Dia sebelumnya mengatakan akan memproduksi chip tetapi kemudian diklarifikasi melalui pesan teks bahwa pabrik akan "memasang chip untuk smartphone Apple, sedangkan komponen mentah akan diimpor."

"Pabrik itu mungkin juga digunakan untuk memproduksi komponen MacBook, tetapi tidak dalam jangka pendek," kata Ignatius.  Pegatron menolak berkomentar. Pt Sat Nusapersada dan Apple juga belum menanggapi.

Menurut sumber Reuters, Pegatron sudah bersiap untuk mulai membuat peralatan rumah tangga dalam kemitraan Sat Nusapersada di Batamindo Industrial Park Batam pada bulan ini. Pegatron secara tradisional tidak membuat chip untuk smartphone.

Kabar mengenai Pegatron sebagai mitra perakitan Apple bakal memindahkan sebagian produknya ke Indonesia sudah berhembus sejak Desember tahun lalu. Ketika itu, isu perang dagang AS-Cina juga tengah menghangat.

Meski demikian, Pegatron baru akan memindahkan produksi produk non-Apple, termasuk set-top boxes (perangkat yang mengubah konten video menjadi sinyal TV) dan perangkat pintar lainnya yang telah terkena tarif AS. (*)

Sumber