pulsa-logo

vivo dan Oppo Dilaporkan Sudah Uji Coba HongMeng OS Besutan Huawei


PULSA

Kamis, 13 Juni 2019 • 21:45

vivo dan Oppo Dilaporkan Sudah Uji Coba HongMeng OS Besutan Huawei


Logo Huawei (ilustrasi)Logo Huawei (ilustrasi)

Huawei disebut-sebut tengah menguji sistem operasi  HongMeng OS miliknya miliknya secara intensif. Sistem operasi ini diklaim akan diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan.

Perusahaan teknologi seperti Tencent telah bekerja sama dengan karyawan Huawei yang bertanggung jawab atas EMUI, OS seluler khusus berbasis Android yang digunakan Huawei pada sebagian besar smartphone bermerek Huawei dan Honor untuk menguji OS HongMeng baru.

Seperti dikutip dari Global Times China, vendor smartphone seperti OPPO dan VIVO juga telah mengirim tim untuk menguji sistem operasi baru, yang terbukti 60 persen lebih cepat daripada sistem Android.

Huawei telah mempercepat peluncuran OS HongMeng sebagai bagian dari upayanya yang lebih luas di tengah tindakan keras pemerintah AS. Google sebagian memblokir sistem Android-nya dari Huawei mengikuti perintah kontrol ekspor pemerintah AS, yang membebani bisnis smartphone Huawei di luar Cina.

Ketika ditanya tentang kapan OS HongMeng akan diluncurkan secara resmi, Shao Yang, kepala strategi dari kelompok konsumen bisnis Huawei, mengatakan "itu rahasia.", kata dia kepada Global Times.

Beberapa analis industri percaya bahwa Huawei P40 yang akan datang akan dilengkapi dengan OS HongMeng, sementara situs berita industri GSMArena melaporkan pada hari Selasa lalu bahwa Huawei telah berhasil mengirimkan 1 juta smartphone dengan OSnya sendiri. Tidak diketahui apakah itu ponsel itu akan segera dipasarkan.

Analis industri juga memperingatkan bahwa pemangkasan pasokan Google ke Huawei mungkin merugikan perusahaan China dalam jangka pendek, tetapi itu akan memaksa perusahaan untuk mengurangi ketergantungan pada raksasa teknologi asing seperti Google dan membentuk kembali pasar perangkat lunak yang didominasi oleh perusahaan-perusahaan AS.


Google sekarang melobi untuk pembebasan Android dari larangan Huawei, dengan alasan bahwa larangan Huawei akan meningkatkan risiko keamanan nasional ke AS.

Sebuah sumber yang dekat dengan maskapai besar Tiongkok mengatakan kepada Global Times bahwa perusahaan teknologi besar secara aktif bekerja sama dengan Huawei untuk mendorong pelepasan OS HongMeng, yang juga dianggap sebagai pukulan besar terhadap tindakan keras pimpinan AS. (*)

Sumber