pulsa-logo

Huawei Juga Dilaporkan Sedang Menguji OS Buatan Rusia untuk Gantikan Android


PULSA

Jum'at, 14 Juni 2019 • 11:12

Huawei Juga Dilaporkan Sedang Menguji OS Buatan Rusia untuk Gantikan Android,aurora,selfish OS


Huawei Mate 20 Pro (ilustrasi)Huawei Mate 20 Pro (ilustrasi)

Sejak kabar mengenai sanksi Amerika Serikat terhadap Huawei yang membatasi kerjasama perusahaan-perusahaan AS dengan raksasa teknologi asal Tiongkok itu, beredar kabar bahwa Huawei membuka jalan untuk menggarap system operasi buatannya sendiri yakni HongMeng OS.  Tidak hanya itu, kali ini Huawei juga dilaporkan sedang menguji coba OS buatan rusia.

Seperti dikutip dari Phonearena, dua sumber tanpa nama seperti dilansir XDA Developer, mengklaim bahwa Wakil Ketua Huawei Guo Ping berbicara dengan Menteri Rusia untuk Pengembangan dan Komunikasi Digital, Konstantin Noskov, tentang penggunaan Aurora.

Aurora dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang dimiliki bersama oleh penyedia nirkabel Rusia Rostelecom dan pengusaha Rusia Grigory Berezkin. Sumber ketiga mengklaim bahwa Vladimir Putin dan Xi Jinping sama-sama berbicara tentang masalah ini. Dan sumber lain, orang yang bekerja untuk pemerintah Cina, mengatakan bahwa "China sudah menguji perangkat dengan Aurora di dalamnya." Yang juga sedang dibahas adalah kemungkinan bahwa Huawei dapat memiliki beberapa ponsel yang diproduksi di Rusia bersama dengan chip dan perangkat lunak.

Sistem operasi Aurora sebetunya masih berbasis Salfish OS yang juga merupakan evolusi dari MeeGo yang pernah digunakan pada Nokia N9. MeeGo kemudian dikendalikan oleh perusahaan yang bernama Jolla lalu mengembangkannya menjadi Sailfish OS.

Apakah Huawei akan menggunakan Aurora atau OS Hongmeng sendiri? Atau akankah kesepakatan dagang detik-detik terakhir antara AS dan China akan menghapus nama Huawei dari Daftar Entitas dan mengembalikan hubungannya dengan Google? Ikuti trus perkembangannya. (*)