pulsa-logo

Ragu dengan HongMeng, Huawei Lirik Sailfish OS?


Nariswari

Senin, 17 Juni 2019 • 15:06

Huawei,HongMeng OS,Sailfish OS


IlustrasiIlustrasi

Beberapa minggu terakhir, Huawei seperti tengah dirundung masalah pelik, terutama yang berkaitan dengan hubungannya dengan Amerika Serikat (AS). Sebagai imbasnya, sejumlah perusahaan yang berbasis di AS seperti Qualcomm dan Google telah memutuskan kebijakan untuk mengakhiri kerjasama bisnis apa pun dengan Huawei. Hal ini pun mendorong Hauwei untuk “putar otak”  menemukan sistem operasi alternatif untuk dijalankan di jajaran smartphone generasi mendatangnya.

Sebelumnya, terdengar desas-desus bahwa Huawei akan menggarap sistem operasi (OS) besutan  mereka sendiri. Akan tetapi menurut kabar terbaru, tampaknya  Huawei benar-benar beralih ke penggunaan OS yang berbeda dari yang  sudah ada. Menurut rumor, tampaknya Huawei saat ini sedang   mempertimbangkan untuk menggunakan Sailfish OS, daripada sistem operasinya sendiri yang disebut sebagai HongMeng OS itu.

Tidak jelas mengapa Huawei mempertimbangan hal tersebut. Menggunakan Sailfish OS dianggap lebih matang  karena sudah sepenuhnya dikembangkan, dibandingkan dengan  platform baru HongMeng OS. Namun kemungkinan  itu bukan Sailfish OS penuh , akan tetapi OS yang ‘telah disesuaikan’ yang  disebut Aurora OS.

CEO Huawei, Guo Ping sebelumnya telah membahas kemungkinan  penggunaan Sailfish OS. Bagi Anda yang masih belum terbiasa dengan Sailfish OS, platform ini diluncurkan beberapa tahun yang lalu. Sistem operasi ini adalah evolusi platform MeeGo yang dikembangkan  Huawei  bersama oleh Nokia dan Intel pada masa itu. Lahirnya sistem operasi Sailfish dimaksudkan untuk menyediakan platform alternatif untuk Android, dengan salah satu nilai jualnya adalah memiliki beberapa kompatibilitas dengan aplikasi Android, sehingga memudahkan pengembang untuk berpartisipasi di Sailfish OS. Platform ini masih sangat hidup dan  bekerja dengan sangat baik, meskipun perlu diakui itu bahwa perkembangan dan adopsi  Sailfish OS  belum terlalu massif  jika dibandingkan dengan Android.

Huawei sejauh ini  masih menguasai pangsa pasar smartphone global, dan apabila mereka menggunakan Sailfish OS, maka  optimis  hal tersebut akan  bisa membantu platform ini untuk tumbuh di masa mendatang. (Naris/Ozi)

(Sumber)