pulsa-logo

Menguak Teknologi OPPO Reno 10x Zoom yang Bikin Fotografi Mobile Lebih Mantul


Hairuddin

Selasa, 18 Juni 2019 • 13:19

OPPO, OPPO Reno, OPPO Reno 10x Zoom, Pemesanan awal OPPO Reno, OPPO Reno Series, Teknologi OPPO Reno, Ini Keuggulan OPPO Reno Series, Ini Keunggulan OPPO Reno, Perbedaan OPPO Reno dengan Reno 10x Zoom, Review OPPO Reno, Review OPPO Reno 10x Zoom, Spesifikasi OPPO Reno, Spesifikasi OPPO Reno 10x Zoom,


OPPO Reno Series (foto: OPPO)OPPO Reno Series (foto: OPPO)

OPPO Indonesia sejak akhir April 2019 lalu sudah memberi sinyal akan menghadirkan Reno Series untuk pasar tanah air. Smartphone yang digadang-gadang bakal menjadi pengganti R Series ini tersedia dalam dua varian model, yakni OPPO Reno dan Reno 10x Zoom. Keduanya pun akhirnya sudah resmi diumumkan di tanah air.

Baik OPPO Reno maupun Reno 10x Zoom, keduanya bakal menjadi primadona baru smartphone kamera di Indonesia. Perangkat ini menawarkan kemampuan kamera yang mumpuni untuk menemani kebutuhan fotografi mobile.

Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia mengungkapkan bahwa perangkat barunya bisa menjadi solusi all-in one untuk pecinta foto.

“OPPO Reno 10x Zoom hadir sebagai sebuah solusi all-in-one pada mobile fotografi dengan menghadirkan kamera utama beresolusi tinggi 48MP, kamera bersudut lebar 120 derajat, dan juga kamera telefoto dengan pembesaran hingga 10x. Dengan demikian, Reno 10x Zoom menjadi smartphone yang dapat memenuhi kebutuhan spesifik konsumen yang menyukai mobile fotografi".

Sorotan utama di OPPO Reno 10x Zoom ada pada kehadiran tiga kamera di bagian belakang. Konfigurasinya terdiri dari sensor terbaru Sony IMX 586 48MP dengan diafragma F/1.7, kamera Wide Angle 8MP dengan sudut lebar 120 derajat, dan yang paling penting adalah lensa telefoto dengan sensor sebesar 13MP pada modul setebal 6.7 mm yang memiliki teknologi pembesaran 10x Zoom.

Untuk membuktikan kecanggihan dari kamera Reno 10x Zoom, OPPO juga menggandeng tiga sosok penting pegiat fotografi yakni Aries Lukman (Mobile Photographer & Founder of #EveryDayMotret), Benny Lim (Photographer & Founder of Juno Photography) dan Heret Frasthio (Photographer & Founder of 2H+ Photography).

Ketiganya menjajal kemampuan kamera OPPO Reno 10x Zoom saat traveling ke Eropa, dengan hasil jepretan yang cukup keren. Bahkan, ketiganya mengaku makin antusias untuk mendokumentasikan semua keseruan sepanjang perjalanan.


Aries Lukman misalnya, menyukai lensa ultra-wide dari Reno 10x Zoom. Dirinya sangat terbantu dengan kemampuan lensa tersebut dalam meng-captur foto dengan area luas. Bahkan, Aries juga mengklaim distorsi dari lensa ini cukup bagus dan membuatnya mendapatkan banyak jepretan menarik.

Berikut ini beberapa contoh jepretan mengambil objek jauh dengan OPPO Reno 10x Zoom yang diambil oleh Heret dan Aries Lukman. Hasil jepretan ini adalah bukti ketajaman 10x Hybrid Zoom ditambah dengan fitur Dazzle Color Mode yang membuat warna pada objek yang di ambil menjadi lebih tajam dan indah.

(Jepretan Kamera OPPO Reno 10x Zoom dengan mode Dazzle Color)(Jepretan Kamera OPPO Reno 10x Zoom dengan mode Dazzle Color)

(Perpaduan Wide Angle dengan Dazzle Color Mode Reno 10x Zoom)(Perpaduan Wide Angle dengan Dazzle Color Mode Reno 10x Zoom)

Tidak hanya itu, dengan fitur yang dibawa kamera Reno 10x Zoom dirinya pun bisa menghasilkan gambar yang kreatif serta punya nilai artistik yang tinggi.

Dengan hadirnya lensa Ultra-wide di Reno 10x Zoom, tentunya tidak perlu lagi untuk merogoh kocek lebih dalam untuk membeli lensa tambahan.

Beda halnya dengan Benny Lim yang lebih tertarik dengan kemampuan 10x hybrid zoom yang dibawa lensa telephoto perangkat ini. Menurutnya, lensa telephoto ini dapat mengubah sudut bidikan yang tidak bisa didapatkan dengan lensa normal maupun ultra-wide. Benny mengilustrasikan saat dirinya ingin mendapatkan bidikan yang lebih tajam dari obyek pemandangan yang nun jauh di mata. Dengan hadirnya 10x zoom, target foto bisa di-capture dengan tampilan yang terlihat lebih dekat dan menarik.

(Kamera Telephoto Reno 10x Zoom)(Kamera Telephoto Reno 10x Zoom)

Kerennya, OPPO juga menyematkan teknologi Optical Image Stabilization (OIS) untuk mengurangi guncangan ketika mengambil gambar. Dan yang cukup penting, OPPO pun menjejalkan tiga teknologi focusing pada kamera ini, yakni Laser Autofocus, Contrast Autofocus, dan Phase Detection Autofocus yang memungkinkan pengambilan fokus gambar dengan cepat. Perangkat ini juga punya machine learning untuk mengidentifikasi skenario yang berbeda, mengubah gambar buram menjadi foto yang tajam, dan benar-benar menangkap setiap detail foto dengan baik.

Sama seperti Aries dan Benny, teknologi kamera yang dibawa OPPO Reno 10x Zoom juga membuat Heret Frasthio kepincut. Selain juga bereksplorasi dengan mode Ultra-wide serta Telephoto, Heret juga menjajal mode Portrait dan hasilnya bisa dilihat pada gambar berikut.

(Portrait Mode OPPO Reno 10x Zoom)(Portrait Mode OPPO Reno 10x Zoom)

(Mode Portrait OPPO Reno Series)(Mode Portrait OPPO Reno Series)

Dari pengalaman yang didapat oleh ketiga photographer kondang tersebut, bisa diambil benang merahnya bahwa dengan segala kecanggihan yang dimiliki kamera Reno 10x Zoom, traveling jadi lebih menyenangkan loh.

Bagi yang suka bereksperimen, kamera OPPO Reno 10x Zoom juga menyediakan beragam fitur penting yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan foto terbaik. Satu diantaranya yang cukup keren dan tengah ngetren adalah hadirnya Ultra Night Mode 2.0 yang bisa dimanfaatkan  untuk foto low-light. Beberapa contoh foto malam yang dihasilkan kamera Reno 10x Zoom menunjukan tone gambar dan warna dengan tingkat eksposur yang ciamik.

(Ultra Night Mode 2.0 OPPO Reno)(Ultra Night Mode 2.0 OPPO Reno)

(Low-light foto OPPO Reno Series)(Low-light foto OPPO Reno Series)

(Jepretan mode malam kamera OPPO Reno 10x Zoom)(Jepretan mode malam kamera OPPO Reno 10x Zoom)

Serunya, antarmuka kamera Reno 10x Zoom juga sudah terintegrasi dengan Google Lens. Fitur baru ini menawarkan beragam fungsi lanjutan yang terintegrasi langsung dengan kamera, semisal Scan text, mendeteksi lokasi/tempat bahkan merekomendasikan ke situs belanja.

Untuk mendukung kemampuan kamera tersebut, OPPO Reno 10x Zoom menanamkan chipset Snapdragon 855 dengan arsitektur 7nm. Jeroan ini mampu meningkatkan performa keseluruhan dalam menjalankan fungsi smartphone termasuk fitur kamera hingga 45%. Point plusnya, chipset ini juga lebih ramah konsumsi baterai.

(OPPO Reno 10x Zoom Qualcomm Snapdragon 855)(OPPO Reno 10x Zoom Qualcomm Snapdragon 855)

Chipset Snapdragon 855 di Reno 10x Zoom juga punya teknologi lain untuk mendongkrak fitur fotografi dan pengambilan video paling canggih bahkan sekelas cinema. Termasuk untuk menangkap HDR 4K dengan mode portrait. Video-video ini dapat menghasilkan latar belakang bokeh yang lembut.

Hasil rekam video dari kamera OPPO Reno 10x Zoom terlihat stabil. Bahkan seolah-olah seperti menggunakan tripod. Untuk yang hobi nge-vlog, kamera perangkat ini sudah cukup memadai untuk merekam keseruan dan nyaman saat dibawa jalan-jalan.

Tidak ketinggalan, keunikan lain yang juga dimiliki OPPO Reno 10x Zoom terletak pada kamera depan yang punya bentuk seperti sirip ikan hiu (Shark-fin) dan OPPO menyebutnya dengan istilah pivot rising camera.

Saat tidak digunakan, kamera ini akan bersembunyi pada bagian atas perangkat. Dengan menggunakan sistem motorik, modul kamera yang berbentuk seperti sirip ikan hiu akan terdorong ke arah atas ketika pengguna akan mengunakan kamera swafoto. Pada bagian atas smartphone ini, terdapat juga kamera swafoto dengan sensor 16MP, Front Facing Softlight, dan Speaker. Sementara di penampang belakang modul kamera ini, ditempatkan lampu kilat.

Di Indonesia, OPPO Reno 10x Zoom hadir dengan RAM 8GB/256GB dan diperkuat baterai 4.065 mAh. Sementara OPPO Reno diotaki Snapdragon 710 dengan pilihan RAM 6GB\256GB dan ditopang baterai 3.765 mAh. Untuk memberikan keleluasaan dalam menikmati game atau streaming video, keduanya dilengkapi teknologi pengisian daya cepat VOOC 3.0 yang tidak terkendala panas berlebih atau penurunan performa.

Selain itu, kehadiran sistem operasi ColorOS 6 di kedua perangkat ini juga menambah pengalaman berponsel yang lebih imersif dengan adanya Hyper Boost 2.0 hasil pengembangan OPPO. Teknologi ini menawarkan peningkatan yang signifikan pada kinerja game (Game Boost), kecepatan sistem (System Boost) dan membuka aplikasi (App Boost).

OPPO Reno 10x Zoom dijual dengan harga Rp12.999.000,-, sementara varian OPPO Reno dibanderol Rp7.999.000,-. Keduanya hadir dengan dua pilihan warna, yaitu Ocean Green dan Jet Black. Kedua perangkat ini bisa dipesan secara eksklusif di Blibli.com dan OPPO Store tertentu.

(Pre Order OPPO Reno di Blibli.com)(Pre Order OPPO Reno di Blibli.com)

Pemesanan awal OPPO Reno dimulai 17 Juni hingga 21 Juni 2019 dan akan dijual perdana pada 22 Juni 2019. Sementara untuk OPPO Reno 10x Zoom, pre-order dibuka mulai 17 Juni sampai 27 Juni 2019, dan dijual perdana pada 28 hingga 30 Juni 2019.

Pada masa pemesanan awal, konsumen akan mendapatkan cashback hingga 1 juta rupiah, gratis VOOC Car Adapter dan VOOC Type C Cable senilai 700 ribu rupiah, cicilian 0% dan cashback hingga 700 ribu rupiah menggunakan kartu kredit dari Bank BCA, BNI, CIMB Niaga, dan Mandiri, serta special bundling dari XL Prioritas dan Indosat Ooredoo. Khusus untuk O-Fans, OPPO juga memberikan penawaran tukar tambah melalui Joy Exchange dengan tambahan cashback maksimal 1,5 juta rupiah jika menukarkan perangkat smartphone OPPO mereka dengan Reno series. Informasi lebih lanjut bisa kamu dapatkan disini!