pulsa-logo

Oppo Siapkan MeshTalk, Kirim Teks dan Panggilan Tanpa Koneksi Internet dan Seluler


Fauzi

Kamis, 27 Juni 2019 • 11:44

Oppo,MeshTalk,Mesh Talk


Image: via WeiboImage: via Weibo

Oppo kabarnya tengah menyiapkan satu inovasi yang cukup menarik. Perusahaan asal Cina ini, dikabarkan telah memperkenalkan sebuah sistem beranama MeshTalk, yang berkemampuan mengirim data antarperangkat hingga radius 3 KM.

Menariknya teknologi ini disebut bisa bekerja tanpa konektivitas seluler ataupun internet. Sesuai namanya, teknologi jaringan mesh ini bisa merutekan pesan melalui beberapa handset terdekat untuk mencapai targetnya, bahkan jika terlalu jauh untuk koneksi langsung.

Guna mencapai fungsinya, Oppo memperkenalkan chip khusus dengan meningkatkan sensitivitas perangkat untuk mencapai komunikasi jarak jauh ini.

“Bayangkan sebuah solusi komunikasi jarak pendek terdesentralisasi yang memungkinkan Anda untuk berbicara dan mengirim pesan tanpa memerlukan Wi-Fi, Bluetooth, atau data seluler hingga radius 3 km dengan perangkat lain. Katakan halo pada MestTalk, - Oppo,” demikian seperti dilansir GizChina.

Kelebihan lainnya, MeshTalk juga menawarkan konsumsi daya yang rending. Bahkan, kabarnya Oppo ingin mengembangkan ponsel yang dapat bertahan hingga 72 jam dalam keadaan siaga dengan MeshTalk aktif. Fitur ini juga berfungsi dengan baik sebagai fitur darurat ketika perangkat tidak memiliki konektivitas apa pun. Selain itu, tentu saj aini juga bisa memangkas biaya pulsa bulanan Anda, dengan mengurangi ketergantungan pada operator.

Mengingat teknologi masih dalam tahap awal, belum ada detail lain terkait teknologi di balik MeshTalk untuk saat ini. Termasuk kapan smartphone dengan teknologi ini bakal dilepas ke pasar juga masih misteri. Jadi, kita tunggu saja perkembangannya. (Ozi)

Sumber: 1, 2