pulsa-logo

Apple Ditinggal Sang Desainer


PULSA

Jum'at, 28 Juni 2019 • 11:58

desainer apple john ive hengkang ,john ive,sir john ive,apple desainer apple


John Ive dan tim Cook pada peluncuran iPhone XR (credit: Apple)John Ive dan tim Cook pada peluncuran iPhone XR (credit: Apple)

Topik hangat hari ini dan hampir memuat laman informasi gadget adalah kepergian Sir John Ive dari Apple. Dia adalah seorang kepala desainer Apple yang sudah berkiprah hampir 30 tahun bersama perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs.

Ive bertanggung jawab atas desain banyak perangkat ikonik termasuk iPhone dan iPad dab kini tengah membentuk perusahaan desain independen. Tentu Apple akan menjadi salah satu klien utamanya. Selain menciptakan tampilan dan penyelesaian banyak produk Apple, aksen khas Ive di Inggris dapat didengar menceritakan sebagian besar video produk baru Apple selama era iPhone.

Ive pertama kali bergabung dengan Apple pada tahun 1992, bekerja sebagai anggota kelompok desain industri perusahaan. Salah satu tugas pertamanya adalah mengerjakan desain generasi kedua Newton digital digital assistant (PDA) dan MessagePad. Pada tahun 1997, salah satu pendiri Apple Steve Jobs kembali ke Apple dan Ive dipromosikan menjadi wakil presiden senior desain industri. Dia dan Jobs bergabung dalam rangkaian luar biasa dari produk-produk baru yang sukses yang mungkin tidak pernah teratas. Dimulai dengan all-in-one Apple iMac G3 dirilis pada tahun 1998. Dengan casing transparan berwarna cerah, desain menonjol di lautan PC desktop yang membosankan.

Pada tahun 2002, seluruh desain baru digunakan pada iMac G4. Sesuai dengan tema all-in-one, layar terpasang pada lengan yang dapat disesuaikan dengan motherboard dan hard drive yang ditempatkan di dalam dasar berbentuk kubah. Keberhasilan kedua produk ini membantu menghidupkan kembali Apple.

Ive juga memiliki andil besar dalam desain Apple iPod, yang pertama kali dirilis pada tahun 2001. Pemutar mp3 Apple sukses besar dan dikombinasikan dengan platform iTunes, Apple menjual ratusan juta unit. Dan kemudian datang iPhone, diikuti oleh iPad dan Apple Watch. Pada saat tablet Apple dirilis, Ive memiliki kekuatan lebih dari siapa pun di Apple di luar Steve Jobs. Dengan kekuatan itu muncul gaji besar yang diperkirakan mencapai $ 30 juta pada 2011, dengan tambahan bonus saham $ 25 juta. (*)

sumber