pulsa-logo

Sanksi Huawei oleh AS Telah Berakhir


Nariswari

Senin, 01 Juli 2019 • 17:07

Sanksi Huawei oleh AS Telah Berakhir


ilustrasiilustrasi

Lusa kemarin (29/6) adalah momen penting bagi Huawei, ketika Presiden AS Donald Trump  di sela-sela G20 KTT 2019  mengumumkan secara resmi bahwa perusahaan-perusahaan  yang berbasis di AS kembali diizinkan untuk bekerjasama dan  menjual produk/komponen mereka  ke Huawei.

Presiden Trump pada mengumumkan penangguhan larangan terhadap Huawei sebagai bagian dari konsesi antara Presiden Donald Trump dan Presiden Cina Xi Jinping untuk membuka kembali negosiasi perdagangan yang macet antara kedua negara.  Keputusan ini sekaligus  melegakan Huawei, pasca  lebih dari sebulan AS memutuskan kerjasama bisnis apapun   dengan perusahaan teknologi raksasa yang berbasis di  China tersebut.

Rupanya sang presiden akhirnya berhasil memahami sepenuhnya situasi dan dampak pelarangan  kerja sama yang berkelanjutan  yang berakibat dinginnya hubungan antara China dan AS, terutama menyangkut paten dan teknologi.

Namun demikian, Trump menyebutkan bahwa pembahasan lebih lanjut tentang kemungkinan perjanjian perdagangan dengan Huawei akan dilakukan  kemudian. Kemungkinan besar dijadwalkan pada  hari  Selasa besok (2/7).

Ke depannya, Pemerintah AS akan memberikan beberapa lisensi tambahan di mana ada ketersediaan umum  dari bagian-bagian yang dibutuhkan perusahaan. Perusahaan-perusahaan microchip yang berbasis di  AS  khususnya  menjual produk yang tersedia secara luas dari negara lain.  (*)

Sumber: 1, 2, 3