pulsa-logo

MediaTek Helio P65 Akan Tersedia di Perangkat Konsumer Bulan Ini


Fauzi

Senin, 01 Juli 2019 • 21:00

MediaTek,MediaTek Helio P65,Helio P65,Cortex-A55,Mali-G52 GPU


Image: MediaTekImage: MediaTek

Satu lagi system on chip (SoC) terbaru diluncurkan MediaTek baru-baru ini. Adalah Helio P65, SoC yang dirancang untuk smartphone kelas menengah.

MediaTek Helio P65 merupakan prosesor octa-core yang dibuat dengan proses pabrikasi 12nm. Konfigurasi chipset ini terdiri dari dua core ARM Cortex-A75 dengan kecepatan 2.0 GHz dan enam core Cortex-A55. Di dalamnya juga tercakup prosesor grafis Mali-G52 GPU.

Didukung dengan teknologi komputasi heterogen MediaTek, CorePilot, chipset ini mendukung fitur-fitur seperti smart scheduling, manajemen suhu yang cerdas, dan analis perilaku pengguna.

Di antara kelebihannya, chipset ini juga datang dengan kemampuan untuk mengaktivasi perintah suara, dan dioptimalkan sebagai chipset berukuran kompak dan didesain untuk memperpanjang masa pakai baterai.

Chipset ini berkemampuan untuk memisahkan channel audio untuk perintah suara dari yang biasa digunakan untuk media dan games, guna memberikan kualitas suara yang lebih baik untuk setiap channel masing-masing.

Sementara itu, disebutkan pula bahwasanya MediaTek Helio P65 mendukung fitur dual-camera darisensor beresolusi hingga 16 MP + 16 MP dan memberikan kemampuan adaptasi tinggi untuk wide-angle dan long shot dengan menggunakan teknologi zoom image. Tidak sampai di situ, chipset ini juga support untuk smartphone dengan kamera 48MP (4-cell) untuk kualitas image yang lebih baik.

Sementara dari sisi keamanan, desain Image Signal Processors (ISP) yang baru siap menyajikan fitur pengenalan wajah ke tingkat keamanan yang lebih tinggi ke perangkat.


MediaTek Helio P65 dilengkap dengan berbagai akselerator perangkat keras, termasuk depth of field engine untuk efek bokeh, electronic image stabilization (EIS) untuk menangkap gerakan cepatan hingga 240 fps atau fotografi panorama tanpa efek jello, dan sebuah camera control unit (CCU) untuk eksposur otomatis dalam keadaan di mana pencahayaan tiba-tiba berubah, yang secara cepat akan menyesuaikan fokus kamera.  

Bila dibanding dengan pendahulunya, Helio P65 juga dikatakan memiliki dua kali lipat kinerja AI dan pemrosesan AI untuk tugas-tugas kamera AI, termasuk Google Lens, smart galleri, scene recognition, segmentasi background, penghapusan background dan portrait photography yang 30% lebih cepat.

MediaTek mengatakan bahwa Helio P65 tengah dalam produksi massal. Diharapkan chipset ini akan tersedia di perangkat konsumer pada Juli 2019. (Ozi)

(Sumber)