pulsa-logo

6 Smartphone Terbaru di Pasaran


Deni Hardian

Jum'at, 05 Juli 2019 • 10:38


Ilustrasi: Oppo RenoIlustrasi: Oppo Reno

Pasar ponsel tanah air masih menjadi magnet bagi para vendor untuk memasarkan smartphone terbarunya. Ceruk pasar yang masih tinggi ditambah tingkat konsumsi yang semakin meningkat membuat para vendor tetap eksis memanjakan pecinta ponsel tanah air dengan beragam smartphone terbarunya. Tak hanya smartphone bergaransi resmi, pasar ponsel tanah air juga masih menyediakan smartphone bergaransi tidak resmi. Untuk smartphone yang tidak resmi, Xiaomi masih mendominasinya. Bagaimana tidak, dengan harga jual yang jauh lebih murah smartphone besutan Xiaomi juga sudah dibekali dengan spesifikasi yang bertenaga.

Selain smartphone bergaransi tidak resmi dari Xiaomi, pasar ponsel tanah air juga banyak kedatangan smartphone baru mulai dari smartphone premium keluaran Oppo serta smartphone murah dari HMD Global.

Apa saja smartphone baru yang beredar di pasaran? Berikut daftarnya.

1. Oppo Reno

Rp 7.999.000

OPPO Reno standar akan disokong layar OLED 6.4 inci Full HD+ yang diotaki chipset Snapdragon 710 Octa-core. Varian ini akan hadir dengan kamera ganda 48 MP Sony IMX586 f/1.7 + 5 MP Depth of Field, serta kamera depan Pivot Rising Camera 16 MP. Smartphone ini punya sensor fingerprint di bawah layar, serta ditopang baterai berkapasitas 3765 mAh yang sudah dibekali teknologi pengisian cepat VOOC Flash Charge 3.0.

2. Oppo Reno Zoom


Rp 12.999.000

OPPO Reno 10x Zoom akan mengusung layar berukuran 6.6 inci OLED Full HD+, dengan jeroan terbaru Qualcomm Snapdragon 855 Octa-core. Berbeda dengan varian standar, OPPO Reno 10x Zoom ini dibekali Triple Camera utama 48 MP OIS + 13 MP Periscope (Telephoto) + 8 MP (Ultra wide). Untuk selfie, ada Pivot Rising Camera 16 MP.

OPPO Reno 10x Zoom ditenagai baterai berkapassitas lebih besar dari varian standar, yaitu 4065 mAh yang juga mendukung pengisian cepat VOOC Flash Charge 3.0 yang digadang-gadang sanggup mengisi penuh baterai hanya dalam waktu 80 menit.

3. Redmi 7A

Rp 1.350.000

Ponsel ini diketahui datang mengusung layar 5.45 inci tanpa notch dan memiliki resolusi HD+ dan aspek rasio 18:9. Pada area bezel bagian atas terdapat sensor kamera depan 5 MP, sementara di bagian bawah terdapat logo Redmi. Sementara pada bagian belakang smartphone terdapat sensor single kamera 13 MP beserta LED flash-nya.

Redmi 7A diotaki oleh prosesor Snapdragon 439 dengan memori internal 16 GB. Di smartphone ini juga terdapat slot kartu microSD yang bisa menampung data hingga 256 GB. Untuk sistem operasinya, smartphone ini menjalankan Android Pie dengan MIUI 10 di atasnya. Menariknya, smartphone ini juga didayai baterai 4000 mAh dengan pengisian 10W. Sementara dari konektivitas smartphone ini didukung oleh Dual 4G VoLTE, Bluetooth 5.0, dan jack audio 3,5 mm.

4. Redmi Y3 (BM)

Rp 2.350.000

Redmi Y3 yang dijual dengan harga yang sedikit lebih mahal mengagungkan fitur selfie, Redmi Y3 dibekali dengan kamera depan beresolusi 32 megapiksel. Kamera selfie yang tertanam ini juga sudah dipadukan dengan fitur AI scene recognition, sudut pandang hingga 80 derajat serta tambahan EIS untuk meredam goncongan saat melakukan pengambilan video.

Beralih ke bagian belakang perangkat, Redmi Y3 sudah dibekali dengan kamera ganda dengan kamera utama beresolusi 12 megapiksel plus 2 megapiksel untuk menghasilkan hasil foto dengan efek bokeh. Tertanam pula sensor sidik jari yang terletak di bagian tengah dengan tambahan logo Redmi di bagian bawahnya. Untuk dapur pacunya, Redmi Y3 ditenagai dengan prosesor Snapdragon 632 dengan opsi RAM dan memory internal 3GB/32GB. Tertanam pula slot kartu microSD yang hadir secara terpisah dari dual slot kartu SIM yang bisa dimaksimalkan hingga 512GB.

Tak jauh berbeda dengan smartphone seri Redmi sebelumnya, Redmi Y3 juga sudah dibekali dengan baterai berkapasitas besar yakni 4000 mAh plus kemampuan pengisian baterai cepaat 10W. Nilai plus lainnya yang hadir pada Redmi Y3 adalah kemampuan tahan terhadap percikan air berkat lapisan P2i hydrophobic.

5. Nokia 2.2

Rp 1.799.000

Tak hanya mengandalkan Android One sebagai nilai jual utamanya. Smartphone ini hadir dengan membawa fasilitas fotografi yang menarik yang diklaim dapat menghasilkan foto berkualitas tinggi meskipun dilakukan pada kondisi cahaya yang minim. Mengusung tagline #DijaminSelaluKekinian, Nokia 2.2 dibekali dengan panel layar berukuran 5.7 inci dengan resolusi HD+ serta tambahan poni mungil di bagian atasnya. Smartphone ini juga telah menggunakan material kover body yang terbuat dari bahan polycarbonat dengan tampilan yang simple.

Poni yang tertanam pada bagian atas layar menempatkan kamera selfie di dalamnya yang memiliki resolusi 5 megapiksel. Sementara untuk kamera utamanya adalah 13 megapiksel dengan tambahan lampu flash di bagian bawahnya. Meskipun tanpa dibekali dengan sensor sidik jari, perangkat ini sudah dibekali dengan sensor pemindai wajah untuk memberikan perlindungan perangkat.

Dari sektor dapur pacu, Nokia 2.2 telah membenamkan chipset Helio A22 dengan prosesor quad-core dengan RAM 3GB dan memory internal 32GB. Sementara untuk penunjang dayanya, telah tertanam baterai berkapasitas 3000 mAh untuk menemani aktivitasnya sehari-hari.

6. Redmi K20 Pro (BM)

Rp 6.500.000

Redmi K20 Pro yang beredar di Indonesia, smartphone ini hadir dengan versi RAM 6GB dan memory internal 128GB. Warna yang tersedia terdiri dari warna hitam, biru dan merah. Selain itu, dalam paket penjualannya terdapat hard case yang diberikan secara cuma-cuma. Namun hal ini hanya berlaku di toko tertentu saja.

Mengenai spesifikas lainnya, Redmi K20 Pro memiliki bodi kaca dan logam dengan desain gradien 3D dengan layar full HD + 6,39 inci resolusi 2340 x 1080 piksel dengan rasio aspek 19,5: 9 dan kecerahan 600 nits.  Redmi K20 Pro menggunakan layar AMOLED. Untuk menopang kinerjanya, Redmi K20 Pro menjalankan prosesor Qualcomm Snapdragon 855 yang digabungkan dengan GPU Adreno 640. Ada juga mode Game Turbo 2.0 pada K20 Pro, yang meningkatkan kinerja ponsel biasa selama bermain game.

Redmi K20 Pro memiliki tiga kamera di bagian belakang dengan sensor Sony IMX 586 48MP, sensor 8MP dengan zoom 2X (lensa telefoto) dan lensa sudut ultra-lebar 13MP (tampilan 124,8 derajat). Kamera depan adalah 20MP dan juga mendukung selfie grup sudut lebar.

Redmi K20 Pro memiliki baterai 4000 mAh dengan pengisian cepat 27W. Ini menjalankan MIUI 10 berdasarkan Android Pie. Ponsel ini juga memiliki NFC dan GPS dual-band juga. Selebihnya ada sensor sidik jari bawah layar generasi ke-7. Redmi K20 Pro mempertahankan jack headphone, memiliki port USB Type-C di bagian bawah untuk pengisian daya dan mendukung kualitas audio Hi-Fi.