pulsa-logo

HP, Dell, dan Beberapa Perusahaan Teknologi AS Siap Hengkang dari Cina?


Nariswari

Jum'at, 05 Juli 2019 • 16:32

perang dagang AS-Cina,industri teknologi,perusahaan teknologi di cina


ilustrasi (doc.PULSa/istimewa)ilustrasi (doc.PULSa/istimewa)

Beberapa perusahaan teknologi besar yang berbasis di AS dilaporkan berencana untuk “menggeser” basis produksi mereka dari Cina. Langkah ini akibat perang dagang AS dan Cina yang belum sepenuhnya tuntas.

Berdasarkan kabar yang diperoleh dari Nikkei pada hari Rabu (4/7) menyebutkan bahwa beberapa perusahaan teknologi  yang berbasis di AS seperti  HP Inc dan Dell Technologies berencana untuk memindahkan hingga 30% dari produksi notebook mereka keluar dari Cina.

Microsoft Corp, Alphabet Inc, Amazon.com Inc, Sony Corp dan Nintendo Co Ltd juga berencana untuk memindahkan beberapa pabrik  konsol game dan smart speaker  mereka ke luar  Cina.

Beberapa waktu sebelumnya, yakni di konferensi KTT G20 2019, Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping melakukan “gencatan senjata” dari larangan perdagangan AS ke China. Dan  pada pertemuan tersebut membuka jalan untuk memulai kembali negosiasi bisnis mereka  setelah berbulan-bulan menemui jalan buntu.

Namun, ada pihak yang memperkirakan bahwa  perusahaan-perusahaan AS  itu tidak mungkin mengubah rencana mereka untuk memindahkan sebagian produksi mereka dari  China. Ini dikarenakan mereka harus mengeluarkan biaya operasional yang tinggi.

Terkait dengan rencana pemindahan  produksi  ke luar dari Cina tersebut,  baik  HP, Dell, Amazon, Microsoft dan Google masih enggan untuk berkomentar. (*)

Sumber: Nikkei via Hindustantimes