pulsa-logo

Spesifikasi dan Harga 3 ASUS ROG Zephyrus Terbaru, Semua Pakai Prosesor 9th Gen Intel


Arief Burhanuddin

Rabu, 17 Juli 2019 • 15:55


Berbeda dengan seri sebelumnya, seluruh seri ROG Zephyrus yang diperkenalkan ASUS beberapa waktu lalu menggunakan prosesor 9th Gen Intel Core yang diklaim emmiliki performa lebih baik dari pendahulunya.

Ada 2  varian ROG Zephyrus yang diperkenalkan oleh ASUS kali ini, yaitu ROG Zephyrus S dan Zephyrus M. Perbedaan keduanya terdapat di desain bodi, spesifikasi, dan harga.

ROG Zephyrus S GX502

ROG Zephyrus S GX502 memiliki form factor laptop 15-inci dan hadir dengan fitur gaming yang lengkap. dengan bodi 25% lebih tipis dan bobot hingga 42% lebih ringan dari kompetitornya.

Bodi ROG Zephyrus S GX502 menggunakan teknologi Super Narrow Bezel yang memungkinkan laptop gaming ini memiliki layar dengan bezel yang sangat tipis, sehingga keseluruhan dimensi bodi pada laptop gaming ini bisa dibuat menjadi lebih kecil.

ROG Zephyrus S GX502 menggunakan bodi berbahan magnesium alloy ditambah dengan struktur honeycomb reinforcement, memastikan bahwa laptop ini akan tetap kuat meski memiliki bobot yang ringan. Menariknya lagi, bodi ROG Zephyrus S GX502 dirancang agar tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari (fingerprint) sehingga tidak mudah terlihat kotor.


Soal Performa, selain ditenagai oleh prosesor 9th Gen Intel Core. Laptop gaming ini juga hadir dengan opsi chip grafis NVIDIA GeForce RTX 2060 atau RTX 2070 dan didukung dengan teknologi grafis terkini. Tidak ketinggalan, terdapat sistem pendingin Intelligent Cooling yang menggunakan teknologi Active Aerodynamic System (AAS) khas seri ROG Zephyrus.

Layar ROG Zephyrus S GX502 memiliki refresh rate hingga 240Hz dan response time 3ms. Layar laptop gaming ini juga sudah mengantongi sertifikasi Pantone Validated Display sehingga dapat digunakan oleh para profesional yang membutuhkan layar dengan tingkat reproduksi warna yang akurat.

ROG Zephyrus S GX502 mengusung baterai berkapasitas 76WHrs dan sanggup bertahan hingga 8 jam penggunaan.

ROG Zephyrus S GX701

ASUS ROG Zephyrus S GX701 memiliki ketebalan di bawah 2cmdengan dimensi hingga 40% lebih tipis dan 23% lebih kecil dari kompetitornya.

ASUS ROG Zephyrus S GX701 hadir dengan GPU NVIDIA GeForce RTX. GPU dengan arsitektur Turing terbaru tersebut kini sudah bisa digunakan secara mobile dan ASUS ROG merupakan yang pertama dalam mengadopsi teknologi baru tersebut. Kali ini, ROG Zephyrus S GX701 tampil dengan performa lebih kencang berkat penggunaan prosesor 9th Gen Intel Core.

ASUS ROG Zephyrus S terbaru ini juga dilengkapi dengan teknologi pendingin Active Aerocooling System (AAS).   Bagian bawah ROG Zephyrus S terbaru akan terbuka dan keseluruhan bodi laptop akan terangkat. Mekanisme tersebut membuat ROG Zephyrus S terbaru memiliki rongga udara ekstra di bagian pendinginnya sehingga pendinginan dapat berjalan lebih optimal.

ROG Zephyrus S GX701 dan GX531 juga dibekali dengan layar berkualitas tinggi dengan bezel ultra-tipis sehingga memiliki screen-to-body ratio yang sangat besar, yaitu mencapai 81%.

Layar ROG Zephyrus S GX701 dan GX531 juga mendukung standar gamer profesional dengan refresh rate mencapai 144Hz dan response time hanya 3ms serta memiliki reproduksi warna di color space sRGB sebesar 100% dan telah tersertifikasi oleh Pantone.

ROG Zephyrus M GU502

Seperti keluarga ROG Zephyrus lainnya, ROG Zephyrus GU502DU mengadopsi bodi dengan ketebalan hanya 20mm. Dimensi keseluruhan laptop gaming ini juga lebih kecil dari kompetitornya berkat penggunaan teknologi Super Narrow Bezel.

Berbeda dengan seri ROG Zephyrus pada umumnya, ROG Zephyrus GU502 kali ini tidak mengusung sistem pendingin Active Aerocooling System (AAS). Sebagai gantinya, laptop ini mengusung desain baru dengan sistem pendingin khusus yang dilengkapi teknologi Anti-Dust Cooling. Teknologi tersebut mencegah debu dan partikel lainnya menyumbat sistem pendinginan yang dapat menghambat aliran udara dan menyebabkan kerusakan komponen.

Sistem pendingin tersebut juga dilengkapi dengan saluran udara tambahan selain saluran udara di bagian bawah bodinya.

ROG Zephyrus GU502 mengusung layar 15,6 inci dengan resolusi Full HD. Ukuran bezel-nya hanya 6,2mm sehingga laptop ini dapat tampil dengan screen-to-body ratio hingga 81%.

ROG Zephyrus GU502 juga merupakan salah satu laptop gaming paling portabel yang ada di pasar saat ini. Selain memiliki bodi yang ringkas, ROG Zephyrus GU502 hadir dengan ketebalan bodi hanya 20mm saja. Sementara bobotnya yang hanya 2Kg membuat laptop ini tidak hanya mudah masuk ke dalam tas sehari-hari tetapi juga sangat nyaman dibawa bepergian.

Soal performa, ROG Zephyrus GU502 tetap tampil powerful berkat prosesor 9th Gen Intel Core, tepatnya Intel Core i7-9750H. Prosesor dengan konfigurasi 6 core dan 12 thread tersebut mampu berjalan hingga 4,5GHz pada mode Turbo. Dengan jumlah core serta thread yang lebih banyak dari generasi sebelumnya, prosesor ini dapat digunakan untuk tugas multitasking yang lebih berat seperti bermain game sambal melakukan live streaming.

Dari sisi grafis, ROG Zephyrus GU502 mengusung chip grafis terbaru NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti yang lebih powerful dari chip grafis GeForce GTX 10 series. Chip grafis ini juga dilengkapi dengan VRAM GDDR6 sebesar 6GB yang mampu menghadirkan kualitas grafis tertinggi di dalam game.