pulsa-logo

Beberapa Hal Ini Perlu Diperhatikan dalam Memilih Chatbot Sektor Finansial


Fauzi

Rabu, 17 Juli 2019 • 21:33

chatbot,3Dolphins


Sonny Hastomo, Founder dan CEO 3Dolphins, Image: 3DolphinsSonny Hastomo, Founder dan CEO 3Dolphins, Image: 3Dolphins

Ada banyak taktik yang dapat digunakan industri perbankan untuk menjadi pemenang di era serba digital ini. Satu cara langsung dan relatif murah untuk dilakukan adalah menggunakan Conversational User Interface atau sederhananya “chatbot”.

Dengan pertumbuhan popularitas platform pengiriman pesan saat ini, makin menurunnya biaya penyimpanan di cloud, juga waktu implementasinya yang singkat, chatbot muncul sebagai penyelamat.

Dalam memilih solusi chatbot, Sonny Hastomo, Founder dan CEO 3Dolphins membeberkan sejumlah hal yang perlu mendapat perhatian yaitu:

  • Dibangun dengan teknologi Artificial Intelligence;
  • Tersedia di seluruh titik kontak dengan customer;
  • Memiliki kemampuan untuk bekerja secara mulus dengan manusia;
  • Terintegrasi secara mulus dengan proses bisnis internal perusahaan atau organisasi;
  • Memiliki level Enterprise.

Sonny mengatakan, “Untuk di Financial Service Industry (banking, insurance, dan multifinance), solusi chatbot dan semua komponen AI-nya harus bisa diimplementasikan secara on-premise (dalam lingkungan internal perusahaan) sesuai dengan peraturan dari regulator.”

“Chatbot AI yang kami kembangkan yaitu 3Dolphins sudah banyak digunakan oleh industri perbankan  dan mutifinance untuk melayani customer seperti memberikan penjelasan tentang produk, promosi, customer support self-service, dan billing account management,” jelas Sonny.

3Dolphins terdiri dari 2 solusi yaitu, Solusi Social CRM berupa omni channel contact center, dan Solusi ChatBot yang Dibangun dengan menggunakan (NLP) Natural Language Processing dan menggunakan Artificial Intelligence.


Saat ini, kedua solusi ini telah dapat digunakan di 16 platform: Email, SMS, WhatsApp, Telegram, Blackberry Messenger, Facebook, Facebook Messenger, Instagram, Twitter, LINE, Skype, Microsoft Team, YouTube, Web Live Chat, Mobile Live Chat, dan Customer Walk-In.

“Solusi 3Dolphins sejak awal pengembangannya dibuat khusus untuk level enterprise seperti yang diterapkan oleh perusahaan perbankan dan multifinance,” tutup Sonny. (Ozi)

Sumber: PR

    2019-01-14 17:11:11


    Mengenal Apa Itu 'Chatterbot'