pulsa-logo

Survei Pedagang: Loyalitas Pengguna iPhone Turun Drastis


PULSA

Jum'at, 19 Juli 2019 • 16:10

Loyalitas Pengguna iPhone Turun Drastis


ilustrasiilustrasi

Loyalitas iPhone telah mencapai level terendah sejak 2011 dan Samsung telah menjadi merek yang diuntungan, menurut klaim dari survei terbaru yang dilakukan oleh layanan tukar tambah BankMyCell.

Seperti dikutip dari CNET (via Macrumors) survey tersebut dilakukan dengan melacak 38.000 orang yang telah bertansaksi dagang iPhone sejak Oktober 2018 dan menemukan bahwa 73 persen memilih meng-upgrade ke model baru. Temuan itu menunjukkan bahwa tingkat retensi iPhone turun 15,2 persen bila dibandingkan dengan data dari Maret 2018.

Survei menunjukkan bahwa 26 persen orang yang berjual-beli iPhone X pindah ke merek smartphone lain, sedangkan hanya 7,7 persen pengguna Samsung yang beralih ke iPhone.

Menggunakan data dari perusahaan lain untuk melengkapi temuannya, BankMyCell mengatakan loyaalitas pengguna iPhone adalah yang terendah sejak 2011, sementara menurut survey,  yang tertinggi selama ini untuk retensi iPhone adalah 92 persen pada 2017.

Survey ini memang tidak bisa mewakili sebab ukuran sampel survei kecil, yang seluruhnya hanya berasal dari orang yang telah bertransaksi pada BankMyCell. Itu juga yang membuat klaim yang mencerminkan keseluruhan tingkat retensi iPhone dipertanyakan.

Data BankMyCell juga kontras dengan survei CIRP Januari 2019 yang menemukan bahwa 91 persen pengguna iOS upgrade ke iPhone lain. Saat merilis laporannya, CIRP juga menambahkan bahwa kesetiaan untuk iOS dan Android telah meningkat dengan stabil, mencapai tingkat tertinggi pada kuartal terakhir yang pernah diukur. (*)