pulsa-logo

Appe Akuisisi Bisnis Modem Intel Senilai Rp14 Triliun


PULSA

Jum'at, 26 Juli 2019 • 09:52

Appe Akuisisi Bisnis Modem Intel Senilai Rp14 Triliun


logo Intel (ilustrasi)logo Intel (ilustrasi)

Apple selama ini terkenal sebagai perusahaan yang berusaha melakukan semuanya sendiri. Inilah alasannya mengapa mereka mengendalikan sebanyak mungkin perangkat keras pada produknya, dan juga perangkat lunak sendiri keimbang mengandalkan alternatif lain seperti Android atau Windows. Fakta ini juga dibuktikan dengan langkah Apple yang akhirnya mengakuisisi bisnis modem Intel.

Apple sebelumnya memang tidak harmonis dengan sang pemasok modem. Sebelum bekerjasama dengan Intel, Apple pernah menjalin hubungan bisnis dengan Qualcomm. Tapi kini Apple akhirnya malah membeli bisnis modem milik Intel. Apple telah secara resmi mengkonfirmasi bahwa mereka akan membayar 1 miliar dolar AS atau setara Rp14 triliun untuk memperoleh (sebagian besar) bisnis modem Intel.

Menurut pengumuman Apple, “Apple dan Intel telah menandatangani perjanjian dimana Apple mengakuisisi sebagian besar bisnis modem smartphone Intel. Sekitar 2.200 karyawan Intel akan bergabung dengan Apple, bersama dengan properti intelektual, peralatan, dan sewa. ”Sebagai hasilnya, Apple akan menggunakan kesempatan ini untuk membantu upaya mereka lebih lanjut dalam mengembangkan modem 5G mereka sendiri.

Saat ini, Qualcomm diperkirakan masih mengyuplai teknologi 5G untuk iPhone 2020, tetapi pada ke depan, Apple tampaknya akan memulai membuat perangkat keras mereka sendiri untuk mengurangi ketergantungan pada pihak lain. (*)

Sumber