pulsa-logo

Akan Melenggang Q4 2019, Segini Harga Ponsel HongMeng OS


Fauzi

Senin, 05 Agustus 2019 • 14:04

Huawei,HongMeng OS


IlustrasiIlustrasi

Huawei dikabarkan tengah sibuk menguji smartphone besutannya yang akan datang mengusung sistem operasi HongMeng OS.

Seperti dilansir Global Times, ponsel berbasis HongMeng OS dari Huawei itu diperkirakan bakal masuk ke pasar pada akhir tahun ini, dengan target pasar low-end dan mid-end dengan kisaran harga 2000 yuan (Rp4 jutaan) guna menarik developer dan pengguna untuk bergabung ke ekosistemnya.

Huawei mengatakan bahwa perangkat pada batch pertama yang dilengkapi dengan HongMengOS akan berupa seri televisi cerdas Honor, yang akan dipasarkan pada 10 Agustus. Di masa mendatang, HongMeng OS akan diperluas ke bidang lain, termasuk self-driving car, layanan medical jarak jauh, dan lain-lain.

Hal itu sesuai dengan apa yang diisyaratkan oleh seorang eksekutif Huawei, yang dalam sebuah wawancara menyatakan bawha HongMeng OS utamanya akan ditujukan untuk perangkat IoT dan penggunaan industri. Kendati demikian, bila Google bersikeras untuk memboikot sistem operasi Android-nya ke Huawei, penggunaan HongMeng OS juga bisa diarahkan ke bisnis smartphone.

Menurut sumber anonim yang dikutip Global Times, disebutkan bahwa salah satu tes yang dijalankan Huawei pada HongMeng OS adalah kompatibilitasnya dengan aplikasi Android. Sistem ini juga disebut memiliki fungsi kriptografi yang melindungi data pribadi dengan lebih baik dan mencegah privasi pengguna.

“Ponsel baru Huawei dengan HongMeng OS akan debut di pasar pada kuartal keempat, dengan stok hingga beberapa juta unit. Diharapkan smartphone tersebut akan muncul bersama dengan seri Huawei Mate30,” demikian seperti dikatakan sumber tadi yang dinukil Global Times.

Dalam catatannya, sumber tadi juga mengatakan bahwa tugas prioritas bagi Huawei untuk mencapai ambisinya dengan HongMeng OS adalah menarik sebanyak mungkin pengembang untuk membangun ekosistem. (Ozi)


(Sumber)