pulsa-logo

5 Smartphone Baru Awal Agustus 2019, Ini Daftarnya


Deni Hardian

Kamis, 08 Agustus 2019 • 12:42

smartphone baru,oppo k3,realme x,redmi 7a,vivo z1 pro,vivo y12,pulsa,tabloidpulsa


Ilustrasi: Oppo K3Ilustrasi: Oppo K3

Awal pekan Agustus 2019 market ponsel tanah air masih menjadi magnet bagi para vendor ponsel yang masih eksis di pasaran. Setidaknya, pada awal pekan kali ini ada 5 smartphone baru yang beredar di pasaran. Uniknya, smartphone baru yang beredar hanya dijual secara online dengan menggandeng retail ternama.

Tren smartphone dengan pop-up kamera, smartphone dengan kamera selfie beresolusi besar hingga smartphone dengan fitur utama berupa kapasitas baterai besar masih mendominasi pasaran. Kita mulai dari vivo, smartphone yang memfokuskan pada fitur kamera selfie ini menghadirkan 2 smartphone terbarunya di pasaran. Adalah vivo Z1 Pro dan vivo Y12 yang menjadi andalan terbaru vivo setelah beberapa pekan yang lalu vivo telah menghadirkan smartphone yang bernama vivo S1 dan vivo Y15.

Sementara Oppo yang kini mulai memfokuskan perangkat smartphone dengan fitur kamera yang mumpuni mulai memasarkan Oppo K3 yang merupakan smartphone dengan fitur pop-up kamera. Selain itu, vendor ponsel yang kini tengah naik daun yakni Realme telah memastikan kehadiran smartphone terbarunya yang bernama Realme X. Smartphone yang hadir dalam 3 versi yang berbeda ini menawarkan fitur dan spesifikasi yang sangat menarik dikelasnya.

Smartphone baru lainnya yang juga menghiasi pasaran adalah smartphone entry-level terbaru besutan Xiaomi. Redmi 7A yang cukup lama dinanti kehadirannya secara resmi bisa dibeli di pasaran.

Fitur apa saja yang dibawa masing-masing smartphone baru yang beredar? Berikut ulasan singkatnya.

1. vivo Z1 Pro

Rp 3.099.000


Ini adalah smartphone yang ditujukan untuk konsumen Gen-Z dengan menampilkan desain punch-hole (lubang pada bagian layar), pengaturan tiga kamera dan baterai jumbo 5.000 mAh. Vivo Z1 Pro menampilkan layar IPS LCD berukuran 6,53 inci dengan resolusi FHD+. Perlu Anda ketahui, ini adalah ponsel Vivo kedua  yang hadir dengan punch-hole di layar yang dilengkapi kamera selfie 32MP F/2.0.

Di bagian belakang, Vivo Z1 Pro memiliki triple camera  yang ditempatkan secara vertikal.Kamera utama 16MP f / 1.78 + kamera ultra wide angle 8 MP F / 2.2 + kamera depth sensor 2 MP F / 2.4. Kinerja Vivo Z1 Pro mengandalkan  processor Qualcomm Snapdragon 712 SoC yang didukung oleh RAM 4GB dengan penyimpanan memori internal 128GB. Di smartphone ini, Vivo juga menggunakan Cooling Mode dan Game Turbo untuk mengurangi resiko overheat di saat smartphone memiliki beban sangat tinggi, serta menyajikan kinerja yang impresif saat Anda memainkan game.

Vivo Z1 Pro ditenagai oleh baterai berkapasitas daya cukup besar yakni 5.000 mAh, dengan pengisian daya cepat 18W dengan dukungan  microUSB. Vivo mengatakan bahwa Vivo  Z1 Pro dilengkapi dengan fitur Reverse Charging  yang di mana smartphone ini  bisa bertindak sebagai powerbank untuk ponsel dan aksesori lainnya. Smartphone ini menjalankan OS Android v9.0 Pie dan menampilkan antarmuka Funtouch 9 (yang didasarkan oleh Android Pie).   Vivo Z1 Pro akan tersedia dalam beberapa pilihan warna antara lain  Sonic Black, Sonic Blue dan Mirror Black

2. vivo Y12

Rp 2.199.000

vivo Y12 yang menjadi andalan terbaru vivo untuk mendongkrak penjualan smartphone di segmen pasar kelas menengah bawah. Tak jauh berbeda dengan smartphone seri Y vivo lainnya, vivo Y12 juga menawarkan kapasitas baterai super besar sebagai nilai jual utamanya. Smartphone yang memulai debutnya pada Juni 2019 yang lalu ini, juga menawarkan tampilan desain yang menawan serta spesifikasi serta fitur yang menggoda.

Smartphone terbaru vivo ini sudah mulai dijual dengan opsi RAM 3GB dan memory internal 64GB. Spesifikasi lain yang juga hadir menemani perangkat ini antara lain, layar berukuran 6,35 inci dengan resolusi HD+ dan memiliki rasio layar 19,3:9. Apiknya lagi, smartphone ini juga sudah dibekali dengan 3 kamera belakang dengan konfigurasi kamera utama 13 megapiksel, kamera dengan sudut lebar 8 megapiksel dan kamera untuk mendapatkan efek bokeh 2 megapiksel. Sementara untuk aksi selfie, kamera depan yang tertanam sudah memiliki resolusi 8 megapiksel.

Meski sudah dibekali dengan fasilitas layar dan kamera yang menawan, vivo mengkombinasikannya dengan dapur pacu yang bertenaga yakni Mediatek Helio P22 dan tentunya baterai berkapasitas 5000 mAh. Smartphone yang dibekali dengan OS Android 9.0 Pie dengan Funtouch OS 9 ini juga sudah dibekali dengan fitur keamanan sensor sidik jari di bagian belakang perangkat

3. Realme X

4GB/128GB Rp 3.799.000

8GB/128GB Rp 4.199.000

Smartphone kamera depan Pop-up pertama dari realme, kamera Utama 48MP dengan sensor Sony IMX586, in-display fingerprint, dan VOOC Flash Charge 3.0. Realme X hadir dengan layar berukuran besar yakni 6,5 inci berteknologi AMOLED dengan resolusi layar FHD+. Peningkatan fitur lain yang juga tersedia pada perangkat ini adalah hadirnya sensor sidik jari di bawah layar yang kini sudah banyak diadopsi oleh para vendor ternama.

Masuk ke sektor fotografi, Realme X dibekali dengan fasilitas fotografi yang sangat menggoda. Di bagian belakang, Realme X membenamkan 2 kamera belakang dengan konfigurasi 48MP dengan sensor Sony IMX586 serta sensor kamera 5 megapiksel yang ditujukan untuk mendapatkan hasil kamera dengan efek bokeh. Mengadopsi tren ponsel terkini, kamera selfie Realme X mengusung elevating kamera (pop-up) dengan resolusi 16 megapiksel.

Untuk fasilitas pendukungnya, Realme X sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 3750 mAh yang dikombinasikan dengan fitur VOOC Flash Charge 3.0. Sementara untuk dapur pacunya, Realme X mengadopsi chipset yang sama dengan Realme 3 Pro yakni Snapdragon 710 dengan opsi RAM mulai dari 4GB, 6GB dan 8GB. Sementara untuk media simpan data, perangkat ini menyediakan 128GB.

4. Redmi 7A 2GB/16GB

Rp 1.299.000

Tiba di pasaran dengan membawa banderol harga yang sangat terjangkau, Redmi 7A hadir dengan mengadopsi tampilan desain yang kekinian, Redmi 7A hadir dengan dimensi body yang tidak terlalu besar. Dibagian layarnya, Redmi 7A menanamkan panel layar IPS berukuran 5.45 inci dengan resolusi HD+ 720x1440 piksel dengan rasio layar 18:9.  Redmi 7A lebih mempercayakan chipset besutan Qualcomm yang saat ini sudah banyak digunakan oleh perangkat smartphone kelas menengah bawah yakni Snapdragon 439. Dengan kinerja yang sudah terbukti, Redmi mengkombinasikannya dengan RAM sebesar 2GB dan memory internal sebesar 16GB. Tertanam pula baterai berkapasitas 4000 mAh untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari.

Pada sektor fotografi, Redmi 7A sudah dibekali dengan kamera belakang dengan resolusi 13 megapiksel. Sementara untuk aktivitas selfie, Redmi 7A sudah ditanamkan kamera depan 5 megapiksel. Smartphone yang juga sudah dibekali dengan slot kartu microSD secara terpisah ini menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie dengan kustom UI MIUI.

5. Oppo K3

Rp 3.599.000

OPPO K3 hadir dengan konfigurasi RAM 6GB LPDDR 4X plus internal 64GB. Smartphone ini dibekali layar 6.5 inci OLED Panoramic Full screen, kamera depan tersembunyi (rising camera), pemindai sidik jari (fingerprint) di bawah layar, prosesor Qualcomm Snapdragon 710 serta pengisian daya baterai super cepat VOOC Flash Charge 3.0 untuk melengkapi performa baterai berkapasitas 3765 mAh.

Di sektor fotografi, OPPO K3 dimanjakan dengan kamera depan 16 MP dengan bukaan f/2.0 berkonsep pop-up. Modul yang tersembunyi dan akan muncul dalam waktu 0,8 detik saat akan digunakan selfie ini menyertakan fitur-fitur kekinian. Sementara sisi belakang, OPPO K3 menanamkan kamera ganda berkekuatan 16 MP F/1.7 + 2 MP F/2.4 yang didukung sederet fitur Ultra Night Mode 2.0 dan OPPO Portrait Mode 2.0.