pulsa-logo

Coolpad Siap Lepas Ponsel 5G Pertamanya, Kapan?


Nariswari

Kamis, 08 Agustus 2019 • 13:13

Coolpad,5G,Smartphone 5G


Ilustrasi: Ponsel CoolpadIlustrasi: Ponsel Coolpad

Beberapa vendor smartphone sudah unjuk gigi dengan memperkenalkan smartphone 5G garapannya, tidak terkecuali Coolpad.

Yup, Coolpad dikabarkan sedang mempersiapkan smartphone 5G pertamanya untuk memulai debutnya di India tahun depan. Lho kenapa India? Ini tak lain lantaran negara ini merupakan terbesar dan paling strategis kedua di dunia setelah Cina. Tetapi jika kita melihat perkembangan jaringan 5G di India, masih jauh dari teknologi ini. Bisa dikatakan akan memakan waktu lebih panjang sampai pengguna smartphone di India dapat menggunakan smartphone 5G. Karena adopsi 5G memang membutuhkan banyak investasi dan kesiapan infrastruktur.

Namun, hal ini tidak membuat gentar Coolpad. Perusahaan ini mengatakan bahwa mereka akan menjadi perusahaan smartphone pertama di India yang meluncurkan ponsel 5G. Mereka telah berinvestasi dalam pengembangan teknologi 5G sejak tahun 2012 dan akan meluncurkan smartphone 5G ketika infrastruktur 5G di India siap. Namun, hal ini mungkin memakan waktu yang agak lama.

Jauh hari sebelumnya, Coolpad telah mengajukan lebih dari 800 paten terkait pengembangan teknologi 5G dan memperoleh sekitar 120 paten 5G. Hingga saat ini, Coolpad masih bernegosiasi dengan MediaTek dan Qualcomm tentang penggunaan teknologi 5G terkait penggunaan di smartphone 5G mereka.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari CEO Coolpad  India mengatakan bahwa mereka akan meluncurkan smartphone 5G di tahun depan. Namun beliau tidak menyebutkan tanggal dan bulan yang pasti kapan smartphone 5G tersebut akan dirilis.

Selama ini Coolpad dikenal luas sebagai salah satu brand smartphone yang populer di segmen entry level dan kelas menengah. Coolpad  baru-baru ini meluncurkan Coolpad Cool 3 Plus di India, smartphone ini membidik kelas menengah dengan label harga terjangkau. Nah, jika tahun depan Coolpad akan meluncurkan smartphone 5G pertamanya, diprediksi smartphone tersebut akan menyasar segmen menengah dan high-end. (Naris/Ozi)

(Sumber)