pulsa-logo

Google Akhirnya Disetujui Regulator Cina untuk Beli Motorola


Fauzi

Senin, 21 Mei 2012 • 16:23

google, regulator cina, motorola, tabloid pulsa


Rencana Google untuk membeli Motorola Mobility tampaknya bakal segera terealisasi. Setelah mendapat persetujuan dari pihak regulator di Amerika Serikat dan Eropa, kini menurut laporan terbaru yang dilansir Reuters, dikabarkan jika raksasa internet itu kembali mendapat persetujuan dari pihak regulator Cina.

Google dalam laporan itu menyatakan bahwa pihak berwenang di Cina telah menyetujui pembelian Motorola Mobility Holdings senilai 12,5 miliar USD.

Sebelum akhirnya disetujui, restu dari pihak regulator Cina merupakan pintu terakhir bagi Google untuk dapat membeli Motorola Mobility, mengingat pihak regulator di AS dan Eropa yang telah lebih dulu menyetujui rencana akuisisi itu pada bulan Februari lalu. Hal itu pun lantas memungkinkan bagi Google untuk mengembangkan lini smartphone-nya sendiri.

"Pendirian kami sejak kami memutuskan untuk mengakuisisi Motorola tidak berubah, dan kami berharap dapat menutup kesepakatan," kata juru bicara Google, Niki Fenwick sebagaimana dikutip PULSAonline via Reuters.

Rencana Google untuk membeli Motorola memang sudah mencuat sejak tahun lalu. Di mana salah satu tujuannya adalah untuk mengamankan paten berharga milik Motorola dan membuka jalan untuk terwujudnya pasangan software mobile Android dan bisnis handset milik Motorola.

Motorola yang memiliki sekitar 17.000 paten dan 7.500 paten aplikasi memang sangat dibutuhkan Google untuk dapat bersaing dengan sang rival, seperti Apple Inc. Di mana portfolio paten sebanyak itu diharapkan dapat membentengi Google serta para produsen smartphone Android dalam perseteruan paten dengan para rivalnya.

Menurut sumber yang akrab dengan masalah itu juga disebutkan jika kondisi utama dari kesepakatan ini adalah bahwa sistem operasi Android tetap bebas dan terbuka selama lima tahun.


"Kami sangat senang bahwa kesepakatan itu telah mendapat persetujuan di semua wilayah hukum dan kami berharap untuk menutup kesepakatan awal minggu depan," kata Jennifer Jennifer Weyrauch-Erickson, selaku juru bicara Motorola. (Ozi)