pulsa-logo

Dibanderol 3 Jutaan, Cuma Segini Benchmark Galaxy M30


Deni Hardian

Jum'at, 09 Agustus 2019 • 20:28

smartphone 3 jutaan,benchmark galaxy m30,pulsa,tabloidpulsa


Galaxy M30 BenchmarkGalaxy M30 Benchmark

Setelah melakukan hands on, PULSA cukup penasaran dengan kinerja yang dimiliki smartphone terbaru Samsung yang bernama Galaxy M30. Tanpa butuh waktu yang lama, PULSA langsung menguji perangkat ini dengan mengunduh game Asphalt 9 serta Minion Rush. Tak lupa pula, PULSA juga mengunduh aplikasi benchmark yang biasa PULSA gunakan seperti Antutu, GeekBench, 3D Mark dan PCMark.

Sudah tersedi di pasaran secara pre-order, Samsung Galaxy M30 hadir dengan banderol resmi Rp 3.299.000. Dengan harga jual ini, Galaxy M30 sudah dibekali dengan chipset Exynos 7904 (14 nm) yang mempunyai CPU 8 inti (octacore) dengan konfigurasi bigLITTLE, tepatnya 2 core berbasis Cortex®-A73 berkecepatan 1.8GHz, dan 6 core berbasis  Cortex®-A53 berkecepatan 1.6GHz. Tertanam pula dukungan RAM sebesar 4GB dan memory internal 64GB.

AntutuAntutu

PCMarkPCMark

3DMark3DMark

Dalam proses pengujiannya, meskipun respon layar terkadang suka terlambat dalam mengeksekusi saat bermain game secara keseluruhan aktivitas gaming yang dilakukan PULSA menggunakan perangkat ini terbilang cukup baik tanpa adanya hambatan yang berarti. Sementara untuk hasil benchmark yang didapatkan terbilang cukup mengecewakan jika dilihat dari harga jual yang ditawarkan. Hasil benchmark yang dihasilkan tidak jauh berbeda dengan smartphone Samsung lainnya yang menggunakan chipset yang serupa.

GeekBenchGeekBench


Untuk aplikasi benchmark Antutu, Galaxy M30 hanya mampu menghasilkan skor 102270. Sedangkan untuk GeekBench skornya hanya mendapatk 1254 (single-core) dan 4173 (Multi-core). Sementara untuk GeekBench Compute hanya menghasilkan skor 3575.

Aplikasi benchmark 3D Mark, Galaxy M30 menghasilkan skor Sling Shot Extreme - OpenGL ES 3.1 364 dan Sling Shot Extreme Vulkan 398. Aplikasi benchmark terakhir yang PULSA gunakan yakni PCMark hanya menghasilkan skor 5223.

Dengan banderol harga yang tertanam, sudah semestinya perangkat ini memiliki skor benchmark yang lebih tinggi. Namun, jika anda tidak terlalu mementingkan skor benchmark sebagai acuan, Galaxy M30 tetap layak untuk dimiliki terutama bagi anda pengguna yang mobile yang selalu beraktivitas dengan menggunakan perangkat smartphone dalam waktu yang lama.