pulsa-logo

Sensor Kamera 108MP Samsung Dirilis Hari Ini, Xiaomi Jadi yang Pertama Menggunakannya?


Nariswari

Senin, 12 Agustus 2019 • 14:10

samsung isocell 108 MP,Xiaomi kamera 108 MP,samsung,xiaomi


teaser ISOCELL 108 MO / Twitter @samsungisocellteaser ISOCELL 108 MO / Twitter @samsungisocell

Perusahaan manufaktur raksasa Korea Selatan, Samsung, selama ini telah banyak mengembangkan teknologi kamera ponsel pintar. Dua merek smartphone Redmi dan Realme akan menggunakan sensor kamera Samsung 64MP terbaru tidak lama setelah sensor ini diluncurkan secara resmi. Saat Xiaomi mengumumkan rencananya untuk menggunakan sensor 64MP, CEO Xiaomi sempat mengatakan bahwa sensor  kamera Samsung 108MP akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Nah, beberapa hari yang lalu (9/8), Samsung mengunggah teaser di Twitter bahwa sensor ISOCELL generasi terbaru dirilis pada 12 Agustus 2019. Samsung mengklaim bahwa sensor kamera untuk smartphone ini akan "mendefinisikan kembali resolusi kamera smartphone”. Meskipun Samsung tidak spesifik menjabarkan apa maksudnya, namun diperkirakan bahwa Samsung akan merilis sensor kamera 108MP pada tanggal tersebut.

Mengenai sensor kamera ISOCELL 108MP yang dikembangkan oleh Samsung tersebut, Xiaomi sebelumnya telah mengungkapkan beberapa detail. Menurut Xiaomi, resolusi kamera yang akan diusung oleh ISOCELL Samsung 108MP adalah 12,032 x 9,024 piksel. Menjadikannya sebagai resolusi paling besar yang akan dihadirkan di smartphone.

Xiaomi juga mengatakan bahwa sensor ISOCELL Samsung 108MP akan menjadi sensor gambar terbesar di pasar global. Selain itu, area fotosensitif yang besar dapat memberikan input cahaya yang lebih tinggi. Kemampuan mengabadikan gambar  di kondisi remang dan di malam hari tidak diragukan lagi.

Sayangnya, Xiaomi tidak mengumumkan detail dari smartphone baru apa yang akan menggunakan sensor ISOCELL Samsung 108MP untuk pertama kalinya. Banyak yang memprediksi bahwa smartphone  yang bakal mengusung sensor ISOCELL Samsung 108MP adalah Xiaomi Mi MIX 4. Karena menurut keterangan yang disampaikan oleh CEO CEO Xiaomi, Lei Jun, Xiaomi saat ini sedang mengerjakan smartphone dengan sensor 108MP. Namun Lei Jun masih enggan mengungkapkan lebih lanjut nama atau merek komersial smarphone Xiaomi tersebut, dan kapan akan dirilis ke publik. (*)


Sumber