pulsa-logo

Hand On Redmi 7A: Harga Sejutaan dengan Kinerja dan Baterai Lebih Besar


PULSA

Senin, 12 Agustus 2019 • 20:13

redmi 7A,redmi 7A indonesia,harga redmi 7A,spek redmi 7A,hands on redmi 7A


Remi 7A Remi 7A

Redmi 7A akhirnya resmi meluncur di Indonesia tepat pada 6 Agustus lalu. Ini merupakan kelanjutan seri A Redmi di tahun 2019. Redmi 7A bakal menyasar bagi segmen pemula atau entry level, atau bagi mereka yang membutuhkan perangkat serba bisa untuk menjalankan aplikasi harian seperti social media, kamera, browsing juga game-game menengah.

Ciri khas dari seri A ini adalah harganya yang terjangkau termasuk Redmi 7A yang masih ramah kantong. Perangkat ini hanya dibanderol Rp1.199.000 untuk flash sale, dan harga normalnya hanya dipatok Rp1.299.000. Redmi 7A ini tentu dibekali dengan spek yang lebih baik dari pendahulunya. Baik dari sektor kinerja, kemampuan kamera juga yang tak kalah penting adalah pasokan daya yang lebih besar. Nah, berikut hasil pengujian singkat Redmi 7A sebelum kami review lebih jauh.

Disain

Secara umum tampilan Redmi 7A sekilas tampak tak jauh berbeda dengan pendahulunya yakni Redmi 6A. Misalnya pada bagian depan, masih terlihat mirip sebab ukuran layarnya pun memang sama yakni 5,45 inci. Lebar bezel atas dan bawah pun tak tampak berubah. Hanya saja, pada bagian bezel bawah Redmi 7A terdapat logo “Redmi”, sementara Redmi 6A polos.

Untuk bagian belakang, kamera utama dan lampu kilat Redmi 7A tidak dibuat sejajar, jadi letak lampu flash ada di bawah kamera. Juga, logo MI kini berubah menjadi Redmi dan letaknya bukan lagi ditengah, tapi di pinggir dengan posisi landscape.  

Bodi belakang Redmi 7ABodi belakang Redmi 7A

Dari segi ukuran, Redmi 7A memang terasa lebih kekar. Bukan tanpa alasan, ini karena Redmi 7A kali ini dbekali dengan baterai 4.000 mAh dan ini menjadi yang pertama yang dilakukan oleh Xiaomi dengan membenamkan baterai besar pada seri A. Meski tampak lebih ‘kekar’, Redmi 7A masih nyaman digenggam.


Posisi tombol power, rocker volume dan slot SIM Card masih belum berubah. Redmi 7A juga mempertahankan slot microSD dedicated yang menyatu dengan slot SIM Card. Anda bisa memasang dua SIM Card dan satu microSD tanpa sekaligus.

tray SIM dan microSDtray SIM dan microSD

Redmi 7A punya dua pilihan warna biru dan hitam. Bodinya diklaim mampu menahan percikan air (splash proof) bukan water proof serta kemampuan untuk menangkap sinyal radio FM tanpa antenna eksternal.

Kamera

Sebagai smartphone entry level, Redmi 7A dibekali dengan kamera single di depan dan belakang. Kamera utama Redmi 7A ditopang oleh sensor 12 megapiksel yang menggunakan sensor buatan Sony yakni seri IMX 486. Ukuran pikselnya pun termasuk yang besar dikelasnya dengan 1,25 mikron sehingga mampu menangkap gambar lebih jelas meski dalam kondisi minim cahaya.

Kamera utama Redmi 7AKamera utama Redmi 7A

Kamera selfie Redmi 7A di bagian depan masih mengandalkan sensor 5 megapiksel. Kamera depan ini selain untuk mengambil gambar selfie dan video call juga bisa digunakan untuk fitur face unlock. Fungsi ini ditopang oleh teknologi AI untuk mengenali wajah pengguna.

Pengambilan gambar dengan kamera belakang Redmi 7A juga didukung oleh AI yang  bisa mengenali beberapa objek untuk memaksimalkan hasil gambar. Detail hasil foto akan kami ulas selanjutnya.

Performa

Seeprti yang kami sebutkan sebelumnya, kinerja Redmi 7A jauh lebih baik dari pendahulunya. Redmi 7A ditenagai dengan Snapdragon 439 serta GPU Adreno 505. Dibandingkan dengan Snapdragon 430, kinerja chipset ini 25 persen lebih baik.

Spsk Redmi 7ASpsk Redmi 7A

Snapdragon 439 dibangun menggunakan proses 12 nm FinFET dan menawarkan clock speed hingga 2GHz dari prosesor Coretx-A53. Bahkan kinerja Redmi 7A ini lebih baik dari perangkat dengan Snapdragon 625. Detailnya bisa Anda baca pada segmen Review kami.

Kinerja Snapdragon 439 ini ditopang dengan Ram 2GB dan penyimpanan 16 GB. Sayangnya Xiaomi baru memasarkan satu saja, dan kami belum mendapat informasi lebih lanjut apakah nanti ada varian Ram 3GB dan penyimpanan 32 GB. (*)