pulsa-logo

Realme Dikabarkan Lagi Garap OS Sendiri, Bakal Meluncur Akhir Tahun


Nariswari

Rabu, 14 Agustus 2019 • 16:06

realme,realme OS,realme X


ilustrasiilustrasi

Setelah Huawei sukses memperkenalkan HarmonyOS, kini Realme dikabarkan sedang mengerjakan OS-nya sendiri. Seperti dilansir GSMArena, hal ini disampaikan oleh CEO Realme, Madhav Sheth. Sejauh ini, Realme telah menggunakan ColorOS Oppo untuk dijalankan di jajaran smartphone Realme. Akan tetapi hal itu masih membuat Realme kurang bebas untuk memberikan fitur-fitur yang diinginkan oleh konsumen.

Sayangnya, Madhav Sheth belum memberikan banyak detail terkait dengan Realme OS. Namun platform tersebut akan tersedia pada akhir tahun ini atau awal tahun depan. Dan belum diketahui smartphone Realme mana dan smartphone Realme apa saja (jika ada) yang ada yang  akan diperbarui ke perangkat lunak in-house. Adapun Realme OS akan didasari oleh  OS Android Q. Meskipun Sheth tidak secara terbuka mengkonfirmasi hal tersebut.

Lalu seperti apa Realme OS? Apakah dekat dengan Oxygen OS atau seperti Color OS? Dalam sebuah wawancara pada bulan April lalu, Sheth mengatakan kepada media bahwa sistem operasi Android bukan pengalaman yang “tepat" untuk smartphone. Sheth  mengatakan bahwa untuk sementara ini Realme sedang mengembangkan OS mereka sendiri untuk memberikan kinerja dan dukungan yang lebih baik dari Android.

Sheth mengisyaratkan bahwa Realme akan menyiapkan sebuah “kejutan” sebelum perayaan Diwali di India pada tanggal 27 Oktober. Tentu  ini tidak terkait dengan ponsel Realme 5, karena smartphone tersebut akan dirilis lebih awal dari tanggal tersebut yakni pada tanggal 20 Agustus. Jadi, ada kemungkinan di tanggal tersebut  Realme akan memberikan rincian lebih lanjut tentang OS besutan mereka. (*)

Sumber: 1, 2