pulsa-logo

Smartphone Lipat Diprediksi Bakal Terjual Sekitar 50 Juta Unit Hingga 2024


Nariswari

Kamis, 15 Agustus 2019 • 19:23

Smartphone Lipat Diprediksi Bakal Terjual Sekitar 50 Juta Unit Hingga 2024


Smartphone layar lipat Samsung (istimewa)Smartphone layar lipat Samsung (istimewa)

Sebuah analisa pasar terbaru yang diterbitkan oleh IHS Markit  mengungkapkan fakta yang cukup menarik tentang smartphone lipat. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa smartphone dengan layar yang dapat dilipat akan berhasil merebut hati konsumen, dengan angka penjualan sangat bagus.  Smartphone lipat ini akan terjual mencapai 50 juta unit hingga tahun 2024.

Mengingat bahwa di tahun ini beberapa perusahaan smartphone (seperti Samsung dan Huawei)  telah mengumumkan smartphone berdesain lipat maka tampaknya analisa yang dilakukan oleh HIS Markit ini merupakan perkiraan yang cukup masuk akal.

Akan tetapi perlu diakui bahwa  teknologi smartphone layar lipat  ini memang masih belum terlalu matang dan kita hingga kini belum melihat adopsi yang lebih luas dari penggunaan layar OLED fleksibel di smartphone. Namun, pangsa pasar panel OLED terus tumbuh pesat, dan kini tidak hanya diadopsi di smartphone premium, melainkan penggunaannya meluas ke  smartphone entry level dan kelas menengah.

Meskipun pengiriman smartphone global mengalami penurunan, jumlah perangkat dengan dibekali layar  OLED belum turun. Bahkan, akan terjadi  lonjakan permintaan komponen layar OLED sebesar 30% pada perangkat smartphone yang  diperkirakan akan terjadi  pada kuartal berikutnya.

Beberapa hal yang menyebabkan tingginya permintaan komponen layar OLED adalah dikarenakan dorongan teknologi di bawah layar seperti teknologi pemindai sidik jari di bawah layar, pengembangan layar fleksibel dan kamera di bawah layar  yang sejauh ini diaplikasikan untuk layar OLED. (*)

Via: 1, 2