pulsa-logo

Xiaomi Terancam Tak Bisa Gunakan Brand 'MIX' Lagi, Apa Sebabnya?


Nariswari

Kamis, 22 Agustus 2019 • 14:26

Xiaomi,MIX


Ilustrasi: Xiaomi Mi MIX 2Ilustrasi: Xiaomi Mi MIX 2

Sebuah kabar terbaru menyebutkan bahwa berdasarkan keputusan yang diterbitkan oleh Pengadilan Beijing, Xiaomi disebut tidak boleh menggunakan merek atau nama “MIX” di jajaran smartphone generasi mendatangnya karena dianggap sebagai pelanggaran merek dagang.

Rupanya, ada perusahaan lain yang memang lebih dulu mengantongi merek dagang bernama "MIX" sejak tanggal 23 November 2014. Tanggal tersebut jauh lebih awal  sebelum aplikasi merek dagang Xiaomi diajukan pada 14 November 2016.

Maka, mau tidak mau Xiaomi akan melakukan perombakan nama yang cukup besar pada seri MIX, saat mereka meluncurkan model generasi keempat akhir tahun ini.

Kasus yang menyandung nama besar Xiaomi  ini bergulir ke ranah pengadilan pada 4 Maret 2019, setelah perusahaan menolak untuk menanggapi perselisihan merek dagang dengan perusahaan bermerek MIX. Panel persidangan pun dibentuk, dan sesuai dengan hukum dan disepakati oleh Pengadilan Beijing, maka diputuskan bahwa Xiaomi tidak memiliki klaim atas merek dagang berdasarkan Pasal 69 Hukum Administrasi Republik Rakyat Tiongkok.

Berdasarkan penilaian tersebut, Xiaomi di masa depan tidak akan dapat menggunakan nama lagi  seri “MIX” untuk digunakan di smartphone generasi mendatangnya. Namun, ada kemungkinan Xiaomi akan mencari jalan tengah dan mengadakan semacam kesepakatan dengan perusahaan bernama MIX yang terlebih dahulu memiliki merek dagang tersebut. Sehingga Xiaomi masih dapat terus menggunakan merek “MIX” untuk perangkat generasi mendatangnya.

Sayangnya, hingga saat ini Xiaomi masih enggan untuk memberikan pernyataan dan mengkonfirmasi  mengenai masalah ini.

Adapun smartphone Xiaomi Mi MIX generasi mendatang (generasi keempat) rencananya akan dinamakan Mi MIX 4. Smartphone ini akan diotaki oleh processor Qualcomm Snapdragon 855+, kamera utama 108MP, dan didukung fitur Reverse Charging. (Naris/Ozi)


(Sumber)