pulsa-logo

Tak Lagi Gunakan Nama Kue, Android Q Resmi Disebut Android 10


PULSA

Jum'at, 23 Agustus 2019 • 11:28

android,android Q,android 10,google,android versi baru,update android


logo Android (credit: Google)logo Android (credit: Google)

Google telah mengumumkan bahwa Android Q sekarang akan dating dengan nama yang sama sekali baru, yakni: Android 10. Entah apa yang meginsprirasi Google dalam merubah penamaan seri Android dengan angka setelah sekian lama memberi julukan versi Android dengan nama kue.

Faktanya, moniker Android 'Q' sepertinya telah dihapus sama sekali, menandakan sistem operasi berikutnya tidak akan menjadi Android R, dan Google menempatkan perubahan ini pada pilihan konsumen.

Seperti dilansir Techradar, Google mengatakan, "kami telah mendengar umpan balik selama bertahun-tahun bahwa nama-nama itu tidak selalu dipahami oleh semua orang di komunitas global". Memang benar bahwa 'Android 10' jauh lebih mudah untuk ditafsirkan sebagai iterasi kesepuluh dari Android daripada 'Android Q', terutama di daerah dengan huruf non-Latin, dan perubahan ini terjadi karena Android menjadi sistem operasi di mana-mana di banyak wilayah di seluruh dunia.

Perubahan penamaan Android 10 membawa serta perubahan estetika untuk branding Android, menempatkan maskot Android di bagian depan dan tengah, dan memperkenalkan skema warna yang lebih hijau-sentris juga. Google mengatakan akan mulai menggunakan desain ini melalui berbagai aplikasi dan layanan dalam beberapa minggu menjelang rilis Android 10 dan lebih dari itu.

Seiring dengan berita tentang nama resmi Android 10, muncul konfirmasi gelombang pertama tentang perangkat apa yang akan menjalankan OS terbaru ini. Misalnya dari HMD Global (produsen perangkat Nokia) bahwa Nokia 9 PureView, Nokia 8.1 dan Nokia 7.1 semuanya akan kompatibel ketika Android 10, dan banyak ponsel lain di dalam perusahaan yang stabil akan ditingkatkan selama semester pertama. tahun 2020. (*)