pulsa-logo

Hands-on Vivo Z1 Pro, Icip-Icip Ponsel Triple-Camera 3 Jutaan


Fauzi

Jum'at, 23 Agustus 2019 • 21:09

Vivo,Vivo Z1 Pro


Vivo Z1 ProVivo Z1 Pro

Belum lama ini Vivo kembali resmi merilis smartphone anyarnya di Indonesia. Vivo Z1 Pro inilah smartphone yang diluncurkan oleh brand asal Cina beberapa waktu lalu. Vivo Z1 Pro diketahui datang membidik segmen menengah.

Bagi yang penasaran, dalam tulisan ini kami akan mengulas secara singkat mengenai Vivo Z1 Pro. Jadi, silakan disimak.

Desain

Alih-alih mengadopsi layar berponi, Vivo Z1 Pro justru dikemas dengan layar berlubang yang terletak di sisi kiri bagian atas. Di sinilah tempat sensor kamera depan smartphone ini berada. Selain layar berlubang untuk kamera depan, hal yang juga cukup berkesan ketika pertama kali melihat Vivo Z1 Pro adalah panel belakang smartphone ini yang diracik sedemikian rupa sehingga nampak begitu kinclong nan reflektif di mana pola warna bisa berubah-ubar tergantung datangnya arah cahaya.

Secara keseluruhan, tampilan Vivo Z1 Pro bisa dibilang menarik dan dikemas dengan build quality yang bagus, di mana terasa solid ketika digenggam. Hanya saja, secara dimensi smartphone terasa cukup tebal dan berat. Hal ini bisa dimengerti, mengingat di dalam smartphone ini telah tertanam baterai berkapasitas 5000 mAh. Kecuali itu, panel belakang smartphone juga terasa licin. Untungnya, dalam paket penjualannya, Vivo Z1 Pro dilengkapi dengan softcase, yang setidaknya bisa menutupi area belakang yang terasa licin itu.

Oh iya, mengenai ukuran bodinya, smartphone ini tertulis memiliki dimensi 162,4 x 77,3 x 8,9 mm dengan berat 201 gram.

Display


Sebagaimana telah disebutkan, dari sisi display Vivo Z1 Pro mengusung apa yang disebutnya sebagai Ultra O Screen dengan kombinasi ukuran 6.53 inci dan memiliki lubang kecil sebagai tempat untuk kamera depannya.

Layar smartphone ini menawarkan resolusi yang sudah memadai, yakni Full HD+ (1080 x 2340 piksel). Dengan kombinasi ukuran layar dan resolusi yang dimilikinya, smartphone ini mampu memancarkan konten berkepadatan ~395 ppi.

Berbekal layar luas yang dengan rasio ke bodi yang cukup tinggi, pengalaman yang diberikan Vivo Z1 Pro pastinya sudah lebih baik, misalnya ketika digunakan untuk menonton video, bermain game, browsing internet, atau aktivitas lainnya. Bicara kinerjanya, layar smartphone ini juga sudah memadai, baik dari sisi responsivitas maupun ketajamannya. Apiknya lagi, layar smartphone ini juga sudah mendukung akses multi-touch hingga 10 titik secara bersamaan.

Kamera

Dari sektor alat bidik momen Vivo Z1 Pro telah mengadopsi fitur triple-camera belakang dengan konfigurasi 16 MP (f/1.8),  8 MP (f/2.2) ultrawide, dan 2 MP (f/2.4) sebagai sensor kedalaman.

Sesuai dengan kedudukannya, setiap sensor dari kamera belakang Vivo Z1 Pro memiliki fungsi berbeda. Sensor utama yang memiliki resolusi 16 megapiksel dan aperture f/1.8 memiliki kemampuan untuk menghasilkan foto yang baik, bahkan dalam kondisi cahaya minim sekalipun.

Sementara lensa kedua beresolusi 8 MP (f/2.2) ultrawide siap mengkakomodasi kebutuhan pengguna yang ingin melakukan pengambilan gambar dengan sudut pandang yang jauh lebih luas. Dengan demikian, pengambilan gambar dengan sudut yang luas tentunya bakal semakin menarik dengan menggunakan lensa kedua ini.

Lensa ketiga yang menawarkan 2 MP (f/2.4) yang berfungsi sebagai depth sensor ini difokuskan untuk pengambilan gambar dengan efek blur. Menariknya, besaran blur/bokeh bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna.

Beralih ke kamera depan, tidak ingin tanggung-tanggun Vivo menanamkan sensor kamera beresolusi tinggi, yakni 32 MP dengan aperture f/2.0. Tentunya, alat bidik yang biasa digunakan untuk selfie ini juga sudah disematkan beragam fitur pendukung, seperti menambahkan stiker lucu dan imut ataupun mempercantik wajah pengguna. Selain itu, sederet mode juga turut melengkapi kamera depan smartphone, seperti AI Face Beauty, AI Selfie Lighting, AI Filter, dan fitur lainnya.

Hardware

Beralih ke soal kinerja, melihat segmen yang dibidiknya apa yang ditawarkan Vivo Z1 Pro dari sisi ini nampaknya sudah sesuai ekspektasi.  Terlihat di lembar spesifikasinya, Vivo Z1 Pro datang mengusung chipset kelas menengah dari Qualcomm, yakni Snapdragon 712. Chipset ini dibuat dengan proses pabrikasi 10 nm dan menawarkan konfigurasi Octa-core (2x2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 360 Silver). Sementara untuk pengolah grafis, dipercayakan pada GPU Adreno 616.

Masih dari jeroannya, Vivo Z1 Pro datang dengan RAM 4 GB dan memori internal 64GB. Bila dianggap kurang, media penyimpan data bisa diperluas via kartu microSD hingga 256 GB.

Berbekal spesifikasi hardware yang demikian, diharapkan kinerja smartphone tidak kedodoran untuk menangani berbagai aktivitas pengguna. Perlu dicatat juga, selain ditopang oleh spesifikasi pendukung kinerja yang memadai, smartphone ini juga dibekali baterai berkekuatan 5000 mAh. Dengan baterai berkapasitas besar, diharapkan pengguna bisa menggunakan smartphone ini untuk beraktivitas seharian tanpa sering mengisi ulang baterai. (Ozi)

    2019-11-19 18:45:42


    PULSA EDITORS' CHOICE 2019