pulsa-logo

Ssst, Android 10 Bakal Dirilis Besok


Nariswari

Senin, 02 September 2019 • 21:04

Android 10 Bakal Dirilis Besok


ilustrasi 9doc Gizchina)ilustrasi 9doc Gizchina)

Beberapa hari yang lalu muncul sebuah bocoran inromeasi yang menyebutkan bahwa tanggal rilis resmi Android 10 adalah 3 September 2019. Informasi tersebut berasal dari beberapa chat di forum perwakilan dukungan Google (Google Support). Nah, kemarin (1/9) muncul informasi terbaru  yang berasal dari operator asal Kanada yakni Rogers yang menyiratkan bahwa Android terbaru tersebut akan memulai debutnya 3 September. Sayangnya postingan tersebut diam-diam sudah dihapus oleh Rogers ketika mereka menyadari kesalahan mereka dalam mempublikasikan informasi rahasia ini sebelum mendapatkan pengumuman resmi dari Google.

Untungnya ada beberapa tangkapan layar yang sempat diabadikan dari postingan Rogers tersebut. Dari screenshot tersebut, kita dapat melihat jadwal pemutakhiran OS Android 10 versi penuh untuk smartphone Google Pixel , Pixel 2, Pixel 2XL, Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 3a dan Pixel 3a XL. Di jadwal tersebut dengan jelas bahwa semua smartphone Google Pixel yang tercantum di daftar tersbeut akan mendapatkan pemutakhiran Android 10 pada tanggal 3 September 2019.

Yang cukup menarik, adalah operator dalam screenshot tersebut nampaknya belum memperbarui nama versi OS Android 10. Di situ masih tertera nama “Q Android”, bukan Android 10. Sebelumnya, memang ada desas-desus bahwa versi terbaru Android akan dikenal sebagai Android Q, tetapi karena Google telah menghapus nama versi Android berbasis nama kue/makanan penutup, maka versi Android terbaru akan disebut OS Android 10.

Selain akan menyambangi beberapa seri smartphone Google Pixel, pemutakhiran Android 10 akan digulirkan ke smartphone non-Google Pixel yakni OnePlus 7 Pro. Namun perangkat lain tersebut akan mendapatkan versi terbaru Android tentunya setelah peluncuran resmi  Android 10 ke Google Pixel.

Namun bocoran jadwal tersmi dari Rogers tersebut pakah valid? Tanggal rilis tersebut tampaknya akurat, mengingat tahun lalu Google merilis Android v9.0 Pie pada pola jadwal peluncuran yang sama.  Pada hari Selasa, 3 September 2019 adalah Hari Buruh di AS. Google biasanya meluncurkan pembaruan pada hari Senin pertama setiap bulannya, kecuali jika itu adalah hari libur resmi di Amerika Serikat. Maka dalam hal ini jadwal  rilis akan digeser ke hari berikutnya. (*)

Sumber