pulsa-logo

Samsung Exynos 980 Resmi Diperkenalkan, Mendukung 5G dan Cocok untuk Gaming


PULSA

Rabu, 04 September 2019 • 15:25

samsung,exynoe,exynoes 980,samsung exynos,gaming,5G


Screenshot/TwitterScreenshot/Twitter

Melalui laman resmi Twitter @Samsung Exynos, chipset terbaru Exynis 980 resmi diperkenalkan. Chipset ini memiiki fitur terbaru seperti modem yang mendukung jaringan 5G, AI dan fotografi pro grade.

Exynos 980 menjanjikan kecepatan unduh dengan hingga hingga 2,55Gbps berkat sub-6GHz 5G. Modem ini juga mendukung E-UTRA-NR Dual Connectivity (EN-DC), yang menggabungkan konektivitas 2CC LTE dan 5G, untuk  memaksimalkan kecepatan downlink seluler hingga 3,55Gbps. Selain itu, ini adalah modem multi-mode yang memanfaatkan jaringan utama dari 2G ke 4G LTE untuk mobilitas yang andal di mana saja.

Unit pemrosesan saraf (NPU) dan prosesor sinyal digital (DSP) yang kuat juga ada di Exynos 980 untuk menghadirkan tingkat baru kecerdasan buatan pada perangkat. Ini memungkinkan tugas-tugas bertenaga AI diproses langsung pada perangkat daripada mengirim informasi pribadi ke server untuk diproses lebih lanjut, menghasilkan respons yang lebih cepat dengan privasi dan keamanan data yang lebih baik. NPU dan DSP menambahkan peningkatan pada aplikasi ponsel cerdas seperti otentikasi pengguna yang aman, pemfilteran konten, realitas campuran, kamera cerdas, dll.

Di sector fotografi, Exynos 980 menjanjikan kamera pro-grade yang dikemas dengan kecerdasan. Melalui prosesor sinyal gambar canggih (ISP), Exynos 980 mendukung hingga lima sensor inpidu dan mampu memproses tiga sensor secara bersamaan untuk pengalaman multi-kamera yang lebih baik. Ini juga mendukung resolusi ultra-tinggi hingga 108Mp. Khususnya, Exynos 980 dengan NPU mendeteksi adegan atau objek yang memungkinkan ISP untuk melakukan penyesuaian optimal terhadap white balance, pencahayaan, rona, saturasi, ketajaman, dan lainnya untuk hasil profesional.

Untuk pengalaman sinematik, multi-format codec (MFC) Exynos 980 mendukung encoding dan decoding video 4K UHD pada 120 frame per detik (fps). Selain itu, dengan memanfaatkan kemampuan AI NPU, Anda dapat membuat video Anda lebih kreatif atau bergaya dengan menambahkan efek khusus seperti memburamkan latar belakang dengan bokeh untuk kedalaman bidang seperti film.

Exynos 980 diproduksi melalui proses 8nm dengan fitur CPU octa-core yang kuat yang terdiri dari dua core Arm® Cortex®-A77 yang berkinerja tinggi dan enam core Cortex-A55 yang efisien. Ini memberikan daya komputasi yang cepat dan kompleks yang diperlukan di era 5G, serta kinerja yang optimal untuk meningkatkan pengalaman seluler Anda secara keseluruhan.

Untuk mendukung aktivitas pengguna dalam bermain game, Exynos 980 dikemas dengan GPU Arm Mali G76 MP5, menawarkan kemampuan pemrosesan 3D terbaik untuk pengalaman gaming yang realistis dan mendalam. Selain itu, karena CPU yang kuat mengurangi waktu pemuatan game dan GPU mengurangi jeda game, Anda dapat melompat langsung ke game favorit Anda dan mulai naik level.


Nah, Exynos 980 mendukung Wi-Fi® 6 sehingga Anda dapat terhubung dengan aman dan cepat bahkan di ruang yang penuh sesak. Wi-Fi 6 yang mutakhir berarti kecepatan lebih cepat dan stabilitas yang lebih besar untuk game online bebas gangguan dan streaming video beresolusi tinggi tanpa buffer melalui jaringan Wi-Fi. Selain itu, Exynos 980 juga dilengkapi Bluetooth 5 untuk konektivitas multi-perangkat dan GNSS untuk pengalaman berbasis lokasi yang akurat. (*)

Sumber: Samsung