pulsa-logo

Ini Dia 5 Fitur Keren yang Akan Dihadirkan di Smartphone Gaming Nubia Red Magic 3S


Nariswari

Rabu, 04 September 2019 • 16:22

nubia,nubia red magic 3s,smartphone gaming,snapdragon 855+


Nubia Red Magic 3 (ilustrasi, doc PULSA/istimewa)Nubia Red Magic 3 (ilustrasi, doc PULSA/istimewa)

Sub-merek ZTE, yakni Nubia telah mengonfirmasi ke media bahwa mereka akan meluncurkan smartphone premium terbaru mereka yakni Nubia Red Magic 3S pada tanggal 5 September 2019 di China.  Kemarin (3/9) Nubia juga telah mengkonfirmasi beberapa fitur kunci dari Nubia Red Magic 3S dan dari deskripsi spesifikasi yang akan diusungnya tersebut, nampak jelas bahwa Nubia Red Magic 3S akan terlahir sebagai smartphone premium yang dibekali perangkat keras yang kuat.

Meskipun Nubia sudah merilis ponsel gaming tahun ini, namun mereka memutuskan untuk beradaptasi dengan pasar agar tetap menawarkan ponsel gaming dengan perangkat keras paling kuat di tahun 2019. Itulah mengapa Nubia Red Magic 3S, yaitu upgrade versi Red Magic 3, akan segera hadir.

Nubia merilis teaser berupa poster di Weibo yang mengonfirmasi fitur-fitur yang akan diusung oleh Nubia Red Magic 3S. Apa sajakah itu?

1.    Chipset Teranyar Snapdragon 855+

Keberadaan Snapdragon 855+ SoC yang merupakan chipset teranyar Qualcomm tidak diragukan lagi menjadi alasan utama mengapa Nubia Red Magic 3S patut dipertimbangkan.  Generasi sebelumnya, yakni Red Magic 3 ditenagai Snapdragon 855. Dan dibandingkan chipset sebelumnya,  Snapdragon 855+ menawarkan kinerja grafis 15% lebih tajam, akurat dan frekuensi clock speed yang lebih tinggi (2,96 GHz vs 2,84 GHz).

Menurut bocoran terbaru, Snapdragon 855+ pada Nubia Red Magic 3S akan dipasangkan dengan RAM 12 GB, penyimpanan internal UFS 3.0 dan dukungan sistem file F2FS. Tentu  itu adalah konfigurasi memori terbaik dan sangat kuat yang dapat Anda harapkan dari smartphone keluaran 2019 dalam hal kinerja.

Maka  cukup wajar jika Nubia Red Magic 3S mencetak skor yang luar biasa di benchmark AnTuTu yakni 510,496. Ini adalah salah satu skor tertinggi yang pernah dicapai oleh smartphone high-end. Smartphone tersebut  terlihat di AnTuTu dengan nomor model NX629J.


2.     Fresh rate ratio yang tinggi dan 4D Vibration

Fresh rate ratio yang tinggi di smartphone menjadi tren, dan menjadi salah satu patokan wang dibutuhkan. Tidak hanya untuk smartphone gaming tetapi juga untuk smartphone multimedia, karena menawarkan pengalaman yang lebih smooth dan lebih menyenangkan untuk pengguna. Dengan fresh rate ratio yang tinggi, adalah tentunya fitur yang cukup penting bagi para gamer karena membuat gameplay lebih reaktif dan lebih “hidup”. Itulah sebabnya Nubia Red Magic 3S akan menampilkan layar dengan fresh rate ratio 90 Hz.

Memang sih, ini bukan fresh rate ratio tertinggi yang tersedia di ponsel, tetapi angka ini tergolong sangat tinggi, dan menjadikan Nubia Red Magic 3S  cocok untuk nge-gaming. Lebih lanjut, Nubia Red Magic 3S akan menampilkan fitur 4D Vibration untuk pengalaman gaming yang lebih mendalam. Berkat fitur ini, selama Anda memegang ponsel saat nge-game maka  akan mendapatkan pengalaman yang mirip dengan memegang controller game.

3.    Fitur Audio yang Disempurnakan

Menjelang peluncuran, Nubia merilis beberapa teaser  yang mengungkapkan beberapa spesifikasi kunci dari Nubia Red Magic 3S. Di antara teaser tersebut, ada satu  bocoran yang menegaskan bahwa ponsel gaming tersebut yang akan mendukung audio surround 3D (3D Surround Sound). Teknologi tersebut akan meningkatkan pengalaman bermain game lebih dahsyat dengan menawarkan audio tri-dimensional. Selain itu smartphone ini dilengkapi dengan fitur audio DTS stereo system.

4.    Perangkat keras untuk smartphone gaming

Mengingat bahwa Nubia Red Magic 3S akan menjadi smartphone versi upgrade dari Nubia Red Magic 3, maka tentunya smartphone ini  secara garis besar tetap mempertahankan sisa spesifikasi dari  pendahulunya. Nubia Red Magic 3 menawarkan layar lebar 6,65 inci dan memiliki desain gaming-centric dengan strip LED RGB di sisi belakangnya. Ini adalah satu-satunya ponsel gaming yang memiliki sistem pendingin udara dengan kipas yang bekerja pada kecepatan 14.000 rpm.

Smartphone ini juga didukung oleh tabung tembaga berpendingin cair untuk menghilangkan resiko panas saat CPU bekerja dengan berat. Nubia Red Magic 3s akan hadir dengan RAM hingga 12GB dan penyimpanan internal hingga 256GB. Nubia Red Magic 3S juga merupakan smartphone gaming dengan baterai terbesar di kelasnya yakni 5,000 mAh dengan dukungan pengisian cepat 18W (Quick Charge 4+ oleh Qualcomm).

Di departemen pencitraan, Nubia Red Magic 3S dilengkapi dengan kamera utama 48MP dengan aperture f / 1.7 dan ditempatkan berdekatan dengan pemindai sidik jari di bagian belakang. Kamera depan memiliki resolusi 16MP dan aperture f / 2.0. Nubia Red Magic 3S  menjalankan sistem operasi Android v9.0 Pie yang dikustomisasi oleh Red Magic 2.0 UI.

5.    Fitur Lainnya

Nubia juga mengungkapkan bahwa Red Magic 3S akan menampilkan fitur LR Shoulder Buttons yang cenderung mirip dengan tombol kapasitif yang pernah kita lihat di sisi kanan dari Red Magic 3. Hal ini tentu akan memberikan pengalaman nge-game yang jauh lebih menyenangkan untuk pengguna.

Sayangnya, Nubia belum memberikan detail lainnya termasuk spesifikasi, harga, dan ketersediaan Nubia Red Magic 3S, namun rincian lebih lanjut akan diumumkan besok, saat  pengumuman resminya.  Namun kelak kehadiran Nubia Red Magic 3S  akan menjadi pesaing berat  Xiaomi Black Shark 2 yang memiliki standar spesifikasi yang tak jauh berbeda dari Nubia Red Magic 3S. Adapun Xiaomi Black Shark 2 dibanderol dengan harga mulai € 450, dan diprediksi Nubia Red Magic 2 akan dipatok dengan harga tidak jauh dari harga Black Shark 2 tersebut.  (*)

Sumber: 1, 2