pulsa-logo

Resmi Dikenalkan, Ini Fitur Apik Yang Tertanam di Nokia 7.2 dan Nokia 6.2


Deni Hardian

Kamis, 05 September 2019 • 23:30


Nokia 7.2Nokia 7.2

Bergulirnya ajang IFA yang saat ini tengah berlangsung dijadikan momen penting bagi HMD Global untuk memamerkan lini smartphone terbarunya. Ada 2 smartphone terbaru HMD Global yang secara khusus diperkenalkan pada even ini diantaranya adalah Nokia 7.2 dan Nokia 6.2. Beragam fitur apik dan dibalut dengan spesifikasi smartphone terkini kedua smartphone besutan HMD Global ini sangat menarik perhatian. Apa saja yang dibawa masing-masing smartphone guna menarik minat konsumen? Berikut ulasannya.

Nokia 7.2

Kita mulai dari Nokia 7.2, smartphone ini hadir dengan membawa fitur kamera sebagai nilai jual utamanya. Pada bagian belakang perangkat, Nokia 7.2 sudah dibekali dengan konfigurasi 3 kamera dengan kamera utama yang memiliki sensor 48 megapiksel. Kamera utama ini sudah dibekali dengan teknologi pixel binning yang dikombinasikan dengan fitur penggabungan gambar untuk menghasilkan kualitas foto beresolusi tinggi dengan kualitas yang jernih dan tajam.

Untuk kamera keduanya memiliki resolusi 8 megapiksel yang mampu menghadirkan hasil foto dengan sudut ultra lebar hingga 118°. Dan yang terakhir kamera ketiganya adalah 5 megapiksel yang sudah dibekali dengan sentuhan ZEISS yang memiliki kemampuan menghasilkan foto dengan efek bokeh. Namun, efek bokeh yang dihasilkan memiliki 3 pilihan yakni Modern, Swirl dan Smooth.

Sementara untuk kamera selfie yang tertanam adalah 20 megapiksel yang dibekali kemampuan 4-in-1 pixel binning serta lensa ZEISS tentunya. Kamera selfie ini tertanam pada poni mungil di bagian atas layar yang memiliki ukuran 6.3 inci dan dibalut dengan resolusi layar FHD+. Apiknya lagi, layar yang tertanam sudah dibekali dengan teknologi HDR10.

Meski dibekali dengan fitur kamera yang mumpuni, namun dari sektor kinerja smartphone ini masih mengadopsi chipset yang cukup lawas untuk ukuran smartphone terkini. Nokia 7.2 dibekali dengan prosesor Snapdragon 660 dikombinasikan dengan pilihan RAM 4GB dan 6GB. Sementara untuk media simpan datanya juga tersedia dalam 2 pilihan yang berbeda yakni 64GB dn 128GB.

Nokia 7.2 sudah dibekali dengan 2 slot kartu SIM dan 1 slot kartu microSD. Smartphone ini berjalan dengan sistem operasi Android 9.0 dan diklaim bakal mendapatkan update OS Android 10.


Untuk menopang dayanya, Nokia 7.2 sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 3500 mAh dan dipadankan dengan fitur pengisian baterai cepat 10W. Untuk ketersediaannya, Nokia 7.2 akan memulai debutnya di pasaran pada akhir September 2019 mendatang dengan harga mulai 300 Euro.

Nokia 6.2

Beralih ke Nokia 6.2, smartphone ini juga memiliki panel layar berukuran 6.3 inci dengan resolsi FHD+ dan sudah dibekali dengan fitur HDR10. Namun untuk sektor fotografi, Nokia 6.2 tidak dibekali dengan lensa keluaran ZEISS. Hal ini patut disayangkan, karena nama ZEISS sendiri sudah menjadi jaminan kualitas foto yang memiliki hasil yang tajam dan jernih.

Meski begitu, Nokia 6.2 tetap dibekali dengan konfigurasi 3 kamera belakang dengan kamera utama beresolusi 16 megapiksel, kamera kedua 8 megapiksel (ultra-wide) dan kamera ketiga adlh 5 megapiksel. Sedangkan untuk aktivitas selfie Nokia 6.2 sudah dibekali dengan kamera depan 8 megapiksel.

Nokia 6.2Nokia 6.2

Berbeda dengan Nokia 7.2, Nokia 632 hanya membenamkan prosesor Snapdragon 636 yang dikombinasikan dengan pilihan RAM 3GB dan 4GB. Hadir pula pilihan memory internal sebesar 32GB dan 64GB.

Untuk material desainnya sendiri baik Nokia 6.2 maupun Nokia 7.2 sudah dibekali dengan material body yang terbuat dari polycarbonat dengan frame yang terbuat dari alumunium. Tertanam pula lapisan kaca Corning Gorilla Glass 3 untuk memberikan perlindungan layar yang lebih baik untuk meredam goresan.

Nokia 6.2 baru akan tersedia pada Oktober 2019 mendatang dengan harga mulai 200 Euro.

Sumber