pulsa-logo

Resmi Diumumkan, Harga iPhone 11 Lebih Murah


Nariswari

Rabu, 11 September 2019 • 09:55

iphone,iphone 11,harga iphone 11,iphone murah,iphone terbaru,iphone 2019


iPhone 11 (doc Gizchina)iPhone 11 (doc Gizchina)

Di acara konferensi pers peluncuran produk baru yang berlangsung kemarin (10/9), Apple secara resmi mengumumkan jajaran produk terbarunya. Acara yang diselenggarakan di  Jobs Theatre, California tersebut selain meluncurkan Apple Watch 5 Series, juga meluncurkan  iPhone 11 series. Apple mengatakan bahwa iPhone 11  ditujukan untuk segmen pasar menengah.

Dari segi desain, iPhone 11 menggunakan struktur yang kompak dengan bahan kaca + aluminium. Ukuran layarnya sekilas tidak berbeda jauh dengan iPhone XR. Kedua model iPhone tersebut sama-sama menggunakan layar LCD berukuran 6,1 inci. Meskipun merupakan layar LCD, kualitas layar iPhone 11 terbilang sangat bagus. Kerapatan piksel layar di iPhone 11 mencapai level 326ppi.

Perubahan terbesar dari iPhone 11 ini adalah logo Apple yang “telah berpindah” ke bagian tengah di belakang casing ponsel. Apple menjelaskan bahwa ini berguna untuk membuat pengguna mengetahui lokasi panel pengisian nirkabel secara lebih jelas. Dengan kata lain, iPhone 11 memang  mendukung pengisian nirkabel.

Adapun pilihan warna juga merupakan peningkatan terbesar pada iPhone 11. Seperti halnya iPhone XR, Apple memperkenalkan lebih banyak pilihan warna. Ada enam pilihan warna yang ditawarkan di iPhone 11  yang mencakup  hitam, putih, merah, hijau, kuning, dan ungu.

Dari segi spesifikasi perangkat keras, iPhone 11 dilengkapi dengan prosesor A13 Bionic terbaru besutan Apple. Apple mengatakan bahwa processor ini memiliki kinerja CPU dan GPU tercepat di jajaran  smartphone terkini.  Kinerja CPU Apple A13 Bionic dibandingkan dengan A12 membawa banyak peningkatan yang signifikan.

Selain itu, penggunaan chipset A13 Bionic akan jauh lebih cepat dari penggunaan processor  Snapdragon 855 dan Kirin 980. Kinerja GPU yang disandingkan dengan processor  A13 Bionic secara signifikan lebih stabil dan jauh lebih cepat daripada chipset  A12. Apple mengatakan kecepatan GPU-nya akan lebih “ngebut” dua kali lipat dari GPU Adreno 640 (yang dipasangkan dengan Snapdragon 855). Hebatnya lagi,  kinerja maksimal processor A13 Bionic tidak mempengaruhi masa pakai baterai. Masa pakai baterai iPhone 11, diklaim  satu jam lebih lama dari iPhone XR.

Di departemen pencitraan, Apple meningkatkan kualitas iPhone generasi terbaru ini dibandingkan pendahulunya yakni  iPhone XR yang masih dibekali kamera tunggal. Sekarang, iPhone 11 dilengkapi dengan kamera ganda 12MP. Salah satu lensa adalah sensor utama sudut lebar biasa, sedangkan yang lain adalah lensa sudut lebar super. Selain itu, iPhone 11 juga mendukung pengambilan video 4K, fitur Smart HDR dan Dual Camera Mode. Fungsi stabilisasi gambar juga telah ditingkatkan untuk mendukung fungsi kamera dan videonya.


Perihal pemotretan di kondisi minim cahaya, Apple berupaya mengoptimalkan dan meningkatkan algoritma di kamera iPhone 11. Ketika pengguna mengaktifkan fitur Night Scene Mode, kamera di iPhone 11 akan secara otomatis meningkatkan pengurangan noise untuk memastikan kualitas gambar tetap tajam dan detail. Di bagian depannya, iPhone 11 dibekali dengan kamera depan beresolusi 12MP dan  mendukung pemotretan 4K.

Adapun harga iPhone 11 dibanderol mulai dari USD$ 699 (setara dengan Rp.9,8 jutaan). Harga jual ini jauh lebih murah ketimbang varian iPhone XR termurah tahun lalu yang kala itu dibanderol 749 dolar As atau setara Rp10,5 jutaan. Apple belum mengkonfirmasi perihal ketersediaan iPhone 11 di pasar internasional. (*)

Sumber