pulsa-logo

[First Impression] OPPO A9 2020, Pertama dengan Quad Camera dan Baterai 5000 mAh


Hairuddin

Sabtu, 14 September 2019 • 18:01

OPPO, OPPO A9 2020, Spesifikasi OPPO A9 2020, Harga OPPO A9 2020, Review OPPO A9 2020, First Impression OPPO A9 2020, Ini Fitur Unggulan OPPO A9 2020, Quad Camera OPPO A9 2020, Dual Speaker OPPO A9 2020


OPPO A9 2020 BoxOPPO A9 2020 Box

Tinggal hitungan minggu, tahun 2019 akan tutup buku. Namun ada satu hal yang cukup menarik. Salah satu vendor smartphone di tanah air merilis produk yang punya embel-embel ‘tahun depan’, yakni OPPO A9 2020.

Di beberapa produk lawas, penamaan model seperti itu umumnya menunjukan tahun diluncurkan atau dipasarkannya produk tersebut. Namun untuk produk anyar OPPO ini sepertinya tidak secara langsung mengarah ke hal tersebut. Penambahan model produk tersebut setidaknya untuk membedakan perangkat lama yang punya tipe sama dengan produk lebih baru, dan tentunya dilengkapi pula dengan sederet fasilitas serta teknologi kekinian.

OPPO A9 2020 ini diklaim sebagai tonggak baru seri A yang sebelumnya ‘ngetop’ di segmen entry level. Di perangkat ini, seri A OPPO bakal ‘naik’ kelas. Bukan karena ‘latah’ seperti beberapa vendor lain, tapi memang A9 2020 ini hadir dengan beragam perombakan besar-besaran. Sebut saja Quad Camera, desain kekinian, memori besar, kualitas audio terbaik dan juga daya tahan baterai yang super tangguh.

PULSA pun berkesempatan untuk ‘bercengkrama’ lebih dalam dengan smartphone ini. Sebelum diungkap lebih detil lewat rubrik Review, berikut kesan pertama kami tentang OPPO A9 2020.

Desain & Layar

Sebagai penerus A Series, tentu saja masih ada karakter khas lini smartphone entry level yang melekat di OPPO A9 2020. Terutama di bagian cover belakang. Perangkat ini hadir dengan cover bergradasi warna yang untuk seri A di populerkan oleh OPPO A7. Bedanya, warna gradasi di OPPO A9 2020 ini tampil lebih keren.

Tampilan belakang perangkat ini juga mendapat sentuhan yang lebih baru. Susunan kamera, panel fingerprint, tulisan Designed for A-Series serta logo OPPO ditempatkan secara vertikal. Strukturnya mirip seperti Reno Series dan OPPO K3. Terlihat lebih segar dan berkelas. Nantinya, OPPO A9 2020 ini akan tersedia dalam dua pilihan warna cover yakni Marine Green dan Space Purple.


Desain OPPO A9 2020Desain OPPO A9 2020

Konstruksi fisik OPPO A9 2020 cukup nyaman dan pas digenggam, dengan sudut bodi yang membulat. Dimensinya sekitar 163.6 x 75.6 x 9.1 mm dengan bobot 195 gram yang tidak terlalu berat.

Satu hal yang menarik, area layar perangkat ini tampil lebih luas ketimbang para pendahulunya yang sama-sama menerapkan model poni tetesan air (waterdrop screen). Berdasarkan data teknis, layar perangkat ini memiliki rasio aspek 20:9. Bandingkan dengan perangkat sebelumnya yang rata-rata di 19:9 atau 19.5:9.

Waterdrop screen OPPO A9 2020Waterdrop screen OPPO A9 2020

Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, layar OPPO A9 2020 memiliki lapisan kaca khusus yang disebut ‘Sunlight screen’. Layar ini mampu menampilkan gambar maupun warna dengan detil tajam dan natural meski digunakan langsung di bawah sinar matahari. Tidak hanya itu, layar perangkat ini juga ramah mata berkat fitur pereduksi efek cahaya biru berlebihan yang disebut Blue Shield.

USB Type-C & Triple Slot

Poin menarik lain yang juga dihadirkan OPPO A9 2020 ini adalah transformasi port koneksi yang di perangkat sebelumnya rata-rata masih berbentuk micro USB 2.0, kini menjadi USB Type-C. Suatu peningkatan yang cukup signifikan. Mengingat, tren perangkat saat ini banyak yang sudah mulai memakai USB Type-C baik untuk kelas pemula maupun mid-end.

USB Type-C OPPO A9 2020USB Type-C OPPO A9 2020

Port koneksi USB ini pun mendukung kemampuan untuk membaca perangkat penyimpanan eksternal (flashdisk) lewat fungsi USB OTG. Namun, Anda harus membeli secara terpisah adaptor khusus untuk keperluan tersebut.

Tidak kalah pentingnya, OPPO A9 2020 juga menghadirkan 3 slot kartu yang dapat disisipi untuk 2 kartu SIM dan 1 kartu memori (microSD). Jadi, untuk yang punya SIM card lebih dari satu tetap bisa menggunakan keduanya, sekaligus dapat memperluas ruang penyimpanan dengan menambah memori ekstra.

Triple slot OPPO A9 2020Triple slot OPPO A9 2020

Quad Camera

Inilah unggulan utama OPPO A9 2020. Kehadiran 4 kamera di bagain belakang sekaligus menjadikan perangkat ini yang pertama membawa Quad Camera untuk A Series OPPO. Untuk konfigurasi kameranya sendiri terdiri dari 48 MP Ultra Night Mode beraperture F/1.8 + 8 MP Ultra Wide Angle dengan bukaan F/2.2 + 2 MP Mono Lens F/2.4 + 2 MP Portrait Lens F/2.4.

Quad Camera OPPO A9 2020Quad Camera OPPO A9 2020

Sorotan utama dari Quad Camera perangkat ini ada pada kemampuan mengambil foto dengan sudut yang sangat luas (Ultra Wide). Cocok nih untuk yang hobi foto landscape, atau foto beramai-ramai. Buat yang penasaran, bisa melihat beberapa hasil jepretan kamera OPPO A9 2020 yang sempat PULSA abadikan saat sesi first experience A9 2020 beberapa waktu lalu.

Mode AutoMode Auto

Mode Ultra WideMode Ultra Wide

Mode AutoMode Auto

Mode Ultra WideMode Ultra Wide

Outdoor Outdoor

Selain untuk foto, kamera perangkat ini juga digadang-gadang ‘cihuiy’ banget untuk merekam keseruan lewat video. Menariknya, untuk kemampuan rekam ini OPPO telah menambahkan fitur Electronic Image Stabilization (EIS) yang diklaim mampu meredam guncangan saat perekaman video berlangsung. Dengan kata lain, meski pengguna melakukan video recording sambil bergerak, kualitas rekaman videonya akan tetap stabil.

Memori Besar

Seperti materi promosi yang disebar OPPO Indonesia di media sosial, A9 2020 akan hadir dengan pilihan RAM 8GB dan internal 128GB. Kapasitas memori ini yang terbesar dan baru pertama kali tersedia di seri A OPPO. Termasuk direntang harga yang menurut bocoran akan berada dikisaran Rp Rp 4 jutaan.

Baterai Besar

Selain kamera dan memori, A9 2020 juga punya unggulan lain yakni baterai. Kapasitas yang ditanamkan OPPO ke perangkat ini adalah 5000 mAh. Terbesar di antara perangkat OPPO di seri A maupun kelas menengah ke atas.

Berdasarkan data teknis, kapasitas baterai OPPO A9 2020 ini sanggup memberikan waktu pengoperasian hingga 19 jam nonstop. Cocok banget nih untuk yang hobi main game dan nonton video di smartphone.

Dual Speaker + Dolby Atmos

Seperti teaser video yang disebarkan OPPO di media sosial, A9 2020 dilengkapi Dual Speaker Dolby Atmos yang tentunya bisa menghasilkan nuansa audio yang lebih hidup. Nonton video dan main game jadi lebih nyaman dengan kehadiran dua speaker terpisah ini. Apalagi, Dolby Atmos-nya juga mendukung efek surround sound yang bisa membuat suara jadi lebih nendang.

Berdasarkan pantauan PULSA, teknologi ini biasanya hadir di smartphone premium dan di lini produk OPPO sendiri baru tersedia di Reno Series. Beruntung, OPPO A9 2020 menghadirkannya untuk perangkat di harga Rp 4 jutaan.

Demikian kesan pertama PULSA dari sekilas mencoba OPPO A9 2020. Yang pasti, perangkat ini bisa menjadi smartphone Quad Camera terbaik dengan Dual Speaker berteknologi Dolby Atmos plus sokongan baterai besar di rentang harga yang cukup terjangkau.

Untuk yang penasaran dengan review lebih mendalam dari OPPO A9 2020, nantikan ulasan lengkapnya di rubrik review mendatang. (Udn)