pulsa-logo

iOS 13 Peringatkan Pengguna Adanya Risiko Privasi Saat Gunakan Facebook


Nariswari

Kamis, 19 September 2019 • 13:33

iOS 13 Peringatkan Pengguna Adanya Risiko Privasi Saat Gunakan Facebook


ilustrasiilustrasi

Saat Anda menggunakan perangkat Apple yang menjalankan versi iOS terbaru yakni iOS 13, diklaim bahwa sistem operasi versi terbaru ini  membawa banyak perbaikan untuk meningkatkan privasi  (dimulai dengan opsi masuk dengan Apple ID yang diperbaharui). Dan  kini kabar terbaru menyebutkan bahwa  dengan menjalankan iOS 13, akan meningkatkan sisi keamanan pengguna, terutama saat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Facebook.

Facebook selama ini disebut-sebut mengumpulkan data privasi pengguna tanpa persetujuan pengguna. Nah di sinilah perangkat lunak baru Apple berupaya memperingatkan pengguna perangkat Apple yang menjalankan iOS 13 yang menggunakan aplikasi Facebook.

Di perangkat yang menjalankan iOS 13, kini muncul semacam notifikasi dari aplikasi Facebook yang  meminta izin akses tertentu. Semua berkat perangkat lunak iPhone baru tersebut, yang membantu mengidentifikasi aplikasi Facebook sebagai risiko privasi pengguna.

Seperti dikutip dari Business Insider (via Ubergizmo), pengguna yang memilih untuk meningkatkan sistem operasinya ke versi iOS 13 Gold Master (yang pada dasarnya adalah versi final) mengatakan bahwa mereka melihat  pemberitahuan/ notifikasi di layar  yang bertuliskan “Facebook Ingin Menggunakan Jaringan Bluetooth di Perangkat Anda”. Seperti yang Anda lihat di notifikasi tersebut, Facebook meminta persetujuan pengguna. Tapi, ini jelas sangat aneh. Aplikasi jejaring sosial sesungguhnya tidak memerlukan akses Bluetooth di tempat pengguna.

Jadi, diduga kuat notifikasi ini menunjukkan fakta bahwa Facebook  mengumpulkan data tanpa persetujuan pengguna. Dan beruntunglah, bagi Anda yang  sudah melakukan pembaruan iOS 13, karena ada opsi untuk menolak permintaan tersebut. Dengan akses ke Bluetooth, Facebook dapat melacak lokasi fisik Anda secara akurat dan juga memantau kedekatan dengan smartphone lain. (*)