pulsa-logo

Ini Loh 4 Perbedaan Samsung Galaxy A10 dengan Galaxy A10s


Deni Hardian

Jum'at, 20 September 2019 • 08:10

samsung galaxy a10,samsung galaxy a10s,beda samsung galaxy a10s dengan galaxy a10,harga samsung galaxy a10s,smartphone sejutaan,smartphone sejutaan samsung,pulsa,tabloidpulsa


Ki-Ka: Samsung Galaxy A10 - Samsung Galaxy A10sKi-Ka: Samsung Galaxy A10 - Samsung Galaxy A10s

Samsung Indonesia baru-baru ini telah memasarkan smartphone murah terbarunya yang bertajuk Samsung Galaxy A10s. Yang cukup menarik, smartphone sejutaan Samsung saat ini masih banyak tersedia dengan harga jual yang tak jauh berbeda salah satu diantaranya adalah Galaxy A10. Menariknya, Galaxy 10s sendiri merupakan smartphone penerus dari Galaxy A10  yang membawa beberapa perubahan pada fitur yang ditanamkan.

Memiliki harga jual yang tidak jauh berbeda, kedua smartphone ini menawarkan fitur yang dibutuhkan oleh pengguna smartphone dengan bujet terbatas yang bisa mengakomodasi aktivitas pengguna sehari-hari. Namun apa saja yang membedakan kedua smartphone ini berdasarkan fitur dan spesifikasi yang ditanamkan. Dan apakah kehadiran Galaxy A10s lebih layak untuk dimiliki dibandingkan dengan Galaxy A10? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Desain dan UI

Secara tampilan, kedua smartphone ini memiliki tampilan yang serupa. Cukup banyak perubahan yang tersedia pada Galaxy 10s sebagai smartphone pembaharu dari Galaxy A10. Meskipun kedua smartphone ini masih memiliki dimensi body yang serupa dengan bobot yang sama. Namun ada beberapa perubahan yang sangat mencolok pada bagian belakang Galaxy A10s. Yakni hadirnya sensor sidik jari yang tertanam plus konfigurasi kamera ganda yang sebelumnya tidak tertanam pada Galaxy A10.

Sementara untuk ukuran layar dan material desain yang ditanamkan masih serupa, baik Galaxy A10s maupun Galaxy A10 sama-sama memiliki panel layar berukuran 6.2 inci dengan resolusi HD serta material desain yang terbuat dari kaca pada bagian depan dan plastik polycarbonate di bagian belakang.

Untuk bagian depannya, kedua smartphone ini masih menyematkan poni mungil (Infinity-V) yang menempatkan kamera selfie di dalamnya. Namun besaran resolusi yang ditanamkan memiliki perubahan. Galaxy A10s kini sudah dibekali dengan lensa kamera 8 megapiksel sementara Galaxy A10 hanya dibekali dengan kamera depan 5 megapiksel.

2. CPU dan Baterai


Tak hanya dari sisi desain, kedua smartphone ini juga memiliki perbedaan dari dukungan dapur pacu yang ditanamkan. Jika Galaxy A10 setia menggunakan chipsetnya sendiri yakni Exynos 7884 (14 nm), Galaxy A10s lebih mempercayakan chipset besutan Mediatek yang sudah banyak digunakan oleh perangkat smartphone yang beredar di Indonesia yakni Helio P22.

Secara kinerja, kedua chipset ini tidak memiliki perbedaan yang berarti. Kedua chipset ini memiliki kinerja yang baik dalam mengakomodasi aktivitas pengguna sehari-hari. Tak hanay itu, kedua smartphone ini juga hadir dengan dukungan RAM dan memory internal yang sama yakni 2GB RAM dan 32GB memory internal yang ditanamkan. Asiknya lagi, kedua smartphone ini sudah membekali dengan slot kartu microSD guna menambah daya simpan data perangkat.

Sementara untuk penopang dayanya, Galaxy A10s mengalami peningkatan kapasitas baterai yang ditanamkan. Jika Galaxy A10 hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 3400 mAh, Galaxy A10s kini sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh.

3. Kamera

Demi mendukung generasi Live yang kini menjadi tren, Galaxy A10s membawa perubahan pada sisi fotografi yang ditanamkan terutama pada kamera utama yang ditanamkan. Jika Galaxy A10 masih menggunakan 1 kamera belakang, Galaxy A10s kini sudah dibekali dengan kamera ganda di bagian belakang dengan konfigurasi 13MP + 2MP. Tak hanya itu, beragam fitur menarik juga sudah ditanamkan pada Galaxy A10s yang bisa memanjakan aktivitas fotografi pengguna.

Sementara untuk kamera selfienya, Galaxy A10s kini sudah dibekali dengan kamera depan 8 megapiksel. Sedangkan Galaxy A10 masih dibekali dengan kamera depan 5 megapiksel.

4. Fitur Tambahan

Sebagai smartphone pembaharu, Galaxy A10s juga sudah dibekali dengan fitur keamanan yang lengkap. Mulai dari sensor sidik jari di bagian belakang hingga sensor pemindai wajah.

Kesimpulan

Dengan beragam pembaharuan yang hadir pada Galaxy A10s membuat perangkat ini sangat layak untuk menggantikan kehadiran Galaxy A10 yang sudah beredar lama di pasaran. Peningkatan pada fitur fotografi, keamanan dan daya tahan baterai menjadi salah satu faktor kenapa perangkat ini lebih layak dimiliki dibandingkan dengan Galaxy A10. Namun, untuk memiliki Galaxy A10s secara offline, konsumen harus sedikit bersabar, karena hingga tanggal 25 September mendatang, smartphone ini baru tersedia secara online di mitra distributor ternama.