pulsa-logo

5 Smartphone Sejutaan Penantang Samsung Galaxy A10s


Deni Hardian

Jum'at, 20 September 2019 • 10:52

samsung galaxy a10s,smartphone tandingan galaxy a10s,smartphone penantang penantang galaxy a10s,pulsa,tabloidpulsa


Ilustrasi: Samsung Galaxy A10sIlustrasi: Samsung Galaxy A10s

Kehadiran smartphone terbaru Samsung yang bernama Galaxy A10s memberikan angin segar bagi konsumen berbujet terbatas untuk memiliki perangkat smartphone dengan harga terjangkau dengan spesifikasi serta fitur yang menggoda. Tak hanya memiliki tampilan desain yang kekinian, Galaxy 10s yang beredar di Indonesi sudah dibekali dengan peningkatan dibandingkan pendahulunya. Mulai dari fitur fotografi dengan kamera ganda di bagian belakang, fitur keamanan yang lengkap dengan sensor sidik jari dan sensor pemindai wajah serta baterai berkapasitas besar yang memanjakan aktivitas pengguna dalam waktu yang lama. Jaminan kualitas produk yang prima mulai dari kualitas material body yang ditanamkan hingga jaminan purna jual yang prima juga menjadi andalan Samsung dalam menarik minat konsumen tanah air.

Namun, kehadiran Samsung Galaxy A10s di Indonesia sudah mendapatkan tantangan dari smartphone besutan vendor lain yang juga menawarkan spesifikasi serta fitur yang tak jauh berbeda. Tak hanya itu, harga jualnya pun setara dengan harga jual Galaxy A10s yang memiliki banderol harga di bawah 2 jutaan. Apa saja smartphone alternatif dari Samsung Galaxy A10s yang baru beredar di pasaran? Berikut daftarnya.

1. Oppo A1K

Rp 1.699.000

Memiliki harga jual yang lebih terjangkau, kehadiran Oppo A1K di pasaran bisa menjadi batu sandungan bagi kesuksesan Galaxy A10s di pasaran. Bagaimana tidak, salah satu fitur yang diandalkan di Oppo A1K adalah kapasitas  baterai jumbo  4,000mAh, dukungan algoritma AI yang mengoptimalkan kinerja baterai untuk memungkinkan smartphone bertahan  selama beberapa hari serta kapasitas memory internal yang ditanamkan. Dari segi desain, Oppo A1K   dilapisi dengan warna hitam dan merah. Oppo A1K memamerkan layar HD + berukuran 6,1 inci (1,560 x 720 piksel) dengan mengadopsi desain  waterdrop notch, aspek rasio layar-ke-bodi 87,43%, dan dilapisi oleh pelindung layar Corning Gorilla Glass 3.

Smartphone yang menjalankan OS Android v9.0 Pie dan menampilkan antarmuka ColorOS 6  ini diotaki  oleh processor MediaTek Helio P22 SoC yang digabungkan dengan RAM 2GB, dan penyimpanan memori internal  32GB, yang dapat diperluas hingga 256GB dengan kartu microSD.  Untuk kelola grafisnya, Oppo A1K didukung oleh GPU IMG PowerVR GE8320. Di sektor fotografi, Oppo A1K   dibekali  kamera belakang beresolusi  8 megapiksel + flash LED dan kamera depan 5 megapiksel. Smartphone murah meriah  ini sayangnya  tidak memiliki alat identifikasi, baik  pemindai sidik jari ataupun  Face unlock.

2. vivo Y12


Rp 1.999.000

vivo Y12 kini tersedia dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan harga resmi sebelumnya. Tak hanya itu, harga terbaru ini bisa didapatkan dengan lebih terjangkau lagi di toko offline maupun toko online. Namun, meskipun memiliki harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Galaxy A10s banyak fitur yang tersedia pada vivo Y12 lebih menggoda untuk dimiliki mulai dari kapasitas baterai yang lebih besar, fitur fotografi yang ditanamkan hingga ukuran layar yang sedikit lebih besar. vivo Y12 yang dijual dengan harga di bawah 2 jutaan memiliki dukungan RAM 3GB dan memory internal 64GB.

Spesifikasi lain yang juga hadir menemani perangkat ini antara lain, layar berukuran 6,35 inci dengan resolusi HD+ dan memiliki rasio layar 19,3:9. Apiknya lagi, smartphone ini juga sudah dibekali dengan 3 kamera belakang dengan konfigurasi kamera utama 13 megapiksel, kamera dengan sudut lebar 8 megapiksel dan kamera untuk mendapatkan efek bokeh 2 megapiksel. Sementara untuk aksi selfie, kamera depan yang tertanam sudah memiliki resolusi 8 megapiksel. Meski sudah dibekali dengan fasilitas layar dan kamera yang menawan, vivo mengkombinasikannya dengan dapur pacu yang bertenaga yakni Mediatek Helio P22 dan tentunya baterai berkapasitas 5000 mAh.

3. Redmi 7

Rp 1.900.000

Redmi 7 memiliki bahasa disain yang mengadopsi layar 19:9 dengan notch kecil yng disebut waterdrop atau tetesan air untuk menempatkan kamera depan. Layar Redmi 7 memiliki bentang 6,26 inci dan dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5. Salah satu fitur baru yang ada di Redmi 7 adalah Low Blue Light. Fitur ini ditawarkan untuk membuat mata pengguna lebih nyaman ketika berlama-lama menggunakan ponsel. Selain itu, ukuran fontasi bisa diatur dengan mudah untuk mendapatkan kenyamanan pengguna. Redmi 7 memiliki tiga varian warna yakni Black, Lunar Red dan Eclipse Blue.

Fitur menarik lainnya seperti, remote control, radio fm dan jack audio 3,5mm masih dipertahankan. Begitu juga dengan slot microsd yang terpisah, bukan hybrid. Kinerja Redmi 7 juga diperbarui dan kini mengandalkan Snapdragon 632, sebelumnya Redmi 6 mengandalkan Snapdragon 625. Snapdragon 632 lebih hemat daya dan memiliki kinerja yang lebih mumpuni dibanding dengan Snapdragon 625.

Untuk kamera, Redmi 7 mengandalkan dua kamera sebagai penembak utama yang terdiri dari 12MP aperture F/2.2 sebagai kamera primer dan 2MP  untuk menopang kemampuan mengambil gambar portrait. Sensor Kamera Redmi 7 memiliki ukuran pixel yang lumayan besar yakni 1,25 mikron yang juga ditopang dengan teknologi AI. Kemampuan AI pada kamera Redmi 7 ini bisa mengenali 27 objek. Sementara itu kamera depan Redmi 7 mengandalkan sensor 8MP dengan tiga fitur utama yakni AI portrait, Mode Beauty 4.0 dan Face Unlock. Jadi meskipun hanya single kamera, Redmi 7 bisa digunakan untuk mengambil gambar dengan efek bokeh. Semua kinerja Redmi 7 ditopang oleh baterai berkapasitas 4000mAh yang bisa bertahan 2 hari dalam waktu standby.

4. Huawei Y7 Pro 2019

Rp 1.800.000

Huawei Y7 Pro 2019 merupakan smartphone dengan harga terjangkau yang diperkuat dual camera berteknologi artificial intelligence (AI) 13MP+2MP di belakang dan kamera depan 8MP dengan aperture (bukaan lensa) kamera yang besar untuk menghasilkan efek bokeh yang menarik.

Huawei membekali Y7 Pro dengan bentang layar seluas 6,26 inci dengan panel layar terteknologi HD. Selain tampilannya jernih, layar Huawei Y7 Pro 2019 lebih luas dibandingkan pesaing. Desain layar dipercantik dengan kamera Dewdrop di atasnya. Huawei Y7 Pro dilengkapi baterai berkapasitas 4000mAh yang menjanjikan penggunaan lebih dari sehari untuk sekali recharge, meski dengan penggunaan yang intensif. Ini kapasitas baterai yang biasanya hanya Anda dapatkan dari smartphone Android kelas premium. Smartphone ini juga ditopang oleh chipset Qualcomm Snapdragon 450 octa-core yang berteknologi 14nm untuk menyajikan performa multi-core yang luar biasa tapi dengan penggunaan baterai yang efisien. Untuk harga di bawah 2 jutaan ini, Huawei Y7 Pro ini dibekali dengan RAM 3GB dan memory internal 32GB.

5. Realme C2

Rp 1.599.000

Realme C2 datang dengan berbagai spesifikasi menarik. Dari sektor pendukung performa, smartphone ini ditenagai oleh prosesor Helio P22 yang dibuat dengan pabrikasi 12 nm. Dari sektor display, Realme C2 mememiliki layar 6.1 inci beresolusi HD dengan notch tetesan air. Smartphone ini hadir dengan dukungan RAM 3/32 GB. Bila dianggap kurang pengguna masih bisa memperluas penyimpanan data via microSD. Untuk fotografi, Realme C2 dibekali fitur dual-camera belakang 13 MP + 2 MP, dan kamera depan dengan resolusi 5 MP. Realme C2 sudah menjalankan Android Pie dengan Color OS 6.0 di atasnya. Menariknya smartphone juga telah memiliki fitur Chroma Boost dan slow-mo 80fps @480p. Tertanam pula baterai berkapasitas 4000 mAh untuk menemani aktivitasnya.