pulsa-logo

Tyas K. Rarasmurti: vivo Terus Memperbaiki Diri Untuk Menjadi Ponsel Favorit Indonesia


PULSA

Rabu, 25 September 2019 • 06:09

vivo, vivo indonesia, tyas, pr manager vivo, public relation manager, vivo v17 pro, rarasmurti, profile,


Bersama: Tyas K. Rarasmurti, Public Relation Manager PT vivo Mobile Indonesia

Selepas dirilisnya produk seri V anyar vivo pada 23 September 2019 kemarin, PULSA berkesempatan menyambangi ruang kerja PR Manager vivo Indonesia, Mba Tyas K. Rarasmurti. Menyempatkan waktu beliau yang sangat padat, kami bergunjing tentang beberapa hal mengenai vivo V17 Pro yang telah dirilis kemarin dan strategi vivo Indonesia di masa mendatang.

PULSA: Mba Tyas, apa sih kelebihan-kelebihan vivo V17 Pro yang baru dirilis kemarin? Bisakah dijelaskan secara singkat supaya pembaca PULSA jadi lebih kenal produk ini?

Tyas K. Rarasmurti: Ok, vivo V17 Pro itu keunggulannya ada banyak ya, tapi kalau disederhanakan kita akan menemukan 4 USP (Unique Selling Prepotition) atau Fitur Kunci utama yang bisa kita dapatkan di vivo V17 Pro.

Pertama, adalah  48MP AI Quad Camera belakang. Jadi ponsel ini punya 4 kamera di belakang, yang terdiri dari 48MP AI Rear Camera dengan bukaan f/1.8, 8MP Super Wide-Angle Camera, 2MP Depth camera dan 2MP kamera Super Macro. Dengan kamera ini, kami berharap vivo V17 Pro ini dapat mendukung kegiatan mobile photography dari target market ponsel ini.

Kemudian yang kedua adalah Dual Pop-Up Selfie Camera. Ini merupakan yang pertama di Indonesia, kami merilis fitur seperti ini. Kamera pertama adalah 32MP dan kedua adalah 8MP Super Wide-Angle Selfie. Jadi kalau kita ingin berfoto selfie beramai-ramai, bisa dilakukan tanpa ada masalah lagi.


Ketiga ada Ultimate All Screen. Secara otomatis dengan desain kamera Pop-Up maka tidak ada bagian lagi yang terpotong. Jadi semuanya (bagian depan) adalah layar. Menggunakan layar Super AMOLED dan sudah mengadopsi Screen Touch ID sensor, untuk fitur keamanan.

Lalu berikutnya yang keempat adalah masalah penyimpanan sudah dengan RAM 8GB dan ROM 128GB.

PULSA: Tadi sempat disebutkan kebutuhan fotografi target market ponsel ini, seperti apa sih Mba target market dari vivo V17 Pro?

Tyas K. Rarasmurti: Sebenarnya gini, vivo itu kan dari awal segmentasinya adalah anak muda. Lalu anak muda seperti apa yang disasar oleh vivo V17 Pro. Nah di sini tuh kita targetnya ke anak muda yang memang aktif, dinamis, produktif, kemudian mau achieve more (meraih yang lebih baik). Maksudnya, mereka yang sudah bekerja dan membutuhkan ponsel sebagai asisten pintar untuk membantu mereka dalam pekerjaan dan kehidupan mereka sehari-hari.

PULSA: Strategi apa yang akan dilakukan untuk vivo V17 Pro ke depannya?

Tyas K Rarasmurti: Obyektif kami untuk vivo V17 Pro ini adalah bisa diterima oleh masyarakat Indonesia. Pertama selain dari (menawarkan) inovasi teknologi, kemudian dari USP-USP (Unique Selling Proposition) yang bisa membantu (kehidupan) target market kita, dan terakhir kita pun akan banyak melakukan promo-promo dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan target market kita ini. Misalnya, sekarang sudah ada aktivitas di sosial media vivo Indonesia dengan hashtag luaskan pandangan dan sebagainya.

Intinya kita ingin promosi dan strategi kita tuh bisa relate dengan kehidupan target market kita. Dalam hal distribusi, produk ini bisa didapatkan secara online dan juga offline. Di masa pre-order kita bekerja sama dengan sejumlah ecommerce official partner kita dan nanti pada saat super selling day bisa didapatkan di toko-toko offline terutama di vivo Official Store.

PULSA: Jika dibandingkan produk-produk vivo yang rilis sebelumnya, terutama S1 dan Z1 Pro, V17 Pro ini ada di posisi mana?

Tyas K. Rarasmurti: Bicara soal produk line, vivo di tahun ini melakukan beberapa perubahan dengan mengeluarkan lebih banyak varian. Biasanya kita hanya melepas Y-Series dan V-Series, tapi di tahun ini muncul juga S1 dan Z1 Pro juga ya. Jadi vivo seperti yang sudah saya sebutkan, menyasar pasar anak muda. Tapi anak muda yang seperti apa sih? Ketika kita melakukan riset pasar dan juga turun ke lapangan ternyata anak muda tuh ada banyak jenisnya.

Segmentasi anak muda tuh terbagi-bagi lagi. Misalnya untuk seri S1, kita tujukan untuk anak muda yang trendi dan stylish, jadi warnanya juga dibuat stand out, berbeda dengan yang lainnya. Juga banyak fitur inovatif yang dimunculkan berbeda, muncul di ponsel ini.

Kemudian untuk Z-Series. Itu ditujukan untuk anak muda yang mencari ponsel dengan performa tangguh. Maka kita bedakan dari sisi SoC nya berbeda dengan S1, warnanya juga tidak se-stand out S1. Mereka suka main game, maka kita kasih baterai yang besar.

Lalu sekarang ada vivo V17 Pro. Produk ini disasar untuk anak muda yang memang produktif, aktif dan pengen selalu meraih sesuatu yang lebih tinggi lagi. Untuk itu di sini ada perbedaan lagi, salah satunya kita sediakan koneksi USB Type-C. Anak muda yang produktif itu kan serba cepat ya? Nah USB Type-C ini adalah salah satu hal yang membantu mempercepat perolehan data salah satunya. Lalu ada juga kamera, prosesornya dan juga penyimpanan data yang besar.  Ketika kita bicara produktivitas, maka kita akan banyak bersinggungan dengan kehidupan di kantor, yang banyak membutuhkan ruang penyimpanan file.

Intinya sih vivo berusaha memberikan variasi produk yang bisa memenuhi kebutuhan masinng-masing target anak muda itu.

PULSA: Kemarin banyak yang mempertanyakan soal pemilihan prosesornya nih Mba, ada tanggapan?

Tyas K. Rarasmurti: untuk vivo V17 Pro ini kita pakai Snapdragon 675 AIE. Menurut kami itu sudah merupakan prosesor yang mumpuni untuk segmentasinya. GPU-nya sudah mampu menampilkan grafis yang bagus, kemudian mereka mampu memperoleh performa yang tinggi. Mungkin bukan performa yang membuatnya bisa melakukan kegiatan-kegiatan ekstrim tapi lebih kepada performa tinggi dimana mereka bisa multitasking untuk membantu pekerjaan mereka. RAM dan ROM nya juga tinggi, 8/128 GB. Jadi ketika mereka melakukan pekerjaan, ketika mereka ada di kantor, bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus tanpa harus menutup aplikasi yang lainnya.

PULSA: Terakhir nih Mba, vivo kan sudah cukup lama hadir di Indonesia, apakah ke depannya ada target khusus untuk pasar ini?

Tyas K. Rarasmurti: vivo kan sekarang sudah memasuki tahun kelima. Kita sih masih merasa bahwa kami masih baru. Dan masih berusaha terus untuk memperbaiki diri supaya kita tetap eksis di masyarakat Indonesia dengan memberikan kualitas produk yang mumpuni, layanan after sales yang bisa dipercaya sehingga nantinya masyarakat trust-nya ke vivo bisa lebih tinggi. Harapan kita nantinya vivo bisa diterima dengan lebih baik dan menjadi smartphone favorit pilihan Indonesia.

Obrolan kami rasanya terlalu singkat untuk bisa memenuhi semua rasa keingintahuan tentang vivo Indonesia dan produk anyarnya vivo V17 Pro. Sekali lagi selamat untuk vivo Indonesia atas peluncuran produk vivo V17 Pro. Dan kami tunggu kejutan-kejutan lain di masa mendatang. Salam!