pulsa-logo

Vivo Akan Rilis Smartphone Berchipset Exynos 980 5G


Fauzi

Rabu, 25 September 2019 • 13:51

Vivo,Samsung Exynos 980,Samsung


IlustrasiIlustrasi

Sempat dirumorkan bakal membuat chip sendiri, Vivo nampaknya telah menepis kabar tersebut.

Yup, menurut kabar terbaru, Vivo, disebut telah mengkonfirmasi bahwa perusahaan akan meluncurkan ponsel dengan chip Samsung Exynos 980 pada akhir tahun ini. Bahkan, Vivo berkemungkinan akan menjadi yang pertama menggunakan chipset tersebut.

Mengenai Exynos 980, ini disebut sebagai chip mid-range pertama yang terintegrasi dengan modem 5G. Chipset ini dikembangkan dengan pabrikasi 8nm dengan konfigurasi dua core Cortex-A77, enam core A55, dan GPU Mali-G76 MP5 plus memiliki NPU. Lantaran menggunakan modem secara terintegrasi chipse ini lebih murah dan lebih efisien untuk boot.

Adapun modem yang tertanam di chipset ini disebut menjanjikan kcepatan download hingga 2.55Gbps menggunakan standar sub-6GHz. Modem ini juga mengkombinasikan kecepatan downlink 4G dan 5G untuk mencapai kecepatan hingga 3.55Gbps.

Selain Samsung dengan Exynos 980-nya, pembesut chipset lainnya, yakni Qualcomm juga dikabarkan bakal membawa jaringan 5G ke chip kelas menengahnya di Snapdragon seri 6 dan 7. Belum lama ini VP Oppo, Brian Shen mengungkap bahwa perusahaan akan menjadi yang pertama menggunakan chip tersebut. Chip Snapdragon SDM7250 diharapkan akan keluar pada akhir tahun. Chip ini dibangung dengan prosesor 7nm.

Ke depan, tentu akan ada lebih banyak lagi pembesut smartphone yang menggunakan chip 5G kelas menengah, baik dari Samsung maupun Qualcomm. Untuk itu, kita tunggu saja. (Ozi)

(Sumber)