pulsa-logo

Mini Review Huawei Nova 5T: Produk Kelas Menengah, Performa Kelas Atas


Ahmad S.

Rabu, 25 September 2019 • 21:01

nova, huawei, indonesia, nova 5t, harga murah, kirin 980, nfc


Seperti yang sudah dilaporkan kemarin (link), hari ini Huawei Indonesia akhirnya merilis produk anyar untuk kelas menengah yang membawa gen flagship, Huawei Nova 5T.

Disasar untuk anak muda, atau mereka yang berjiwa muda, maka ponsel ini menawarkan kecanggihan dengan harga yang relatif lebih terjangkau dibanding flagship-flagship Huawei lainnya. Lalu semenggiurkan apa produk ini? Pulsa berkesempatan mencoba produk ini lebih awal dan berikut ulasan kami memgenai ponsel ini secara overall.

Harga: Rp 6.899.000

Warna: Crush Blue, Midsummer Purple

Desain Unik dengan Logo Anyar

Bersama meluncurnya produk ini, huawei merubah desain novanya menjadi lebih tegas, dan tampil lebih elegan. Membawa 3 tagline anak mudah yaitu semangat,  berani dan kokoh, logo terbentuk dari tulisan nova yang memiliki pinggiran lebih tegas dan susunan yang lebih berani dan kokoh saling menopang satu sama lain.

Logo baru ini bisa Anda lihat di bagian belakang ponsel dengan warna midsummer purple seperti pada gambar utama tulisan ini. Tidak berhenti sampai di situ, typography logo nova kemudian menjadi pola dasar dari ponsel ini sehingga terlihat eksentrik dan sayang kalau harus ditutup dengan casing yang terlalu tebal.


Ponsel ini didesain cukup tipis sehingga tidak menyulitkan ketika digunakan dengan satu tangan. Bahkan sensor sidik jari pun sedemikian rupa diletakkan pada bagian sisi melalui sebuah tombol sentuh nan tipis, yang mudah diakses saat tangan Anda yang satunya sibuk melakukan rutinitas yang lain. Nah loh! Rutinitas apakah itu?

4 Kamera yang didukung oleh teknologi AI diletakkan di bagian belakang dengan menempatkan satu lensa terpisah dari barisan, untuk mempersilakan lampu flash merapat pada 3 lensa lain. Sedikit banyak mengingatkan kita pada desain kamera P30 Pro. Sementara kamera depan kini tidak diletakkan di poni, melainkan pada sudut kiri atas dengan teknologi in display punch hole camera. Intinya sih Layar tidak serta merta menjadi bolong, namun kamera diletakkan dibawah lapisan layar sehingga tidak mengganggu pengguna saat bermain game atau sedang asik-asiknya berkirim pesan untuk orang tercinta.

Di bagian bawah, kita akan menemukan deretan mic, speaker dan port USB Type C, tanpa ada lubang audio 3.5 mm. Port USB Type C di sini bertugas untuk menghantarkan data, daya dan juga audio dengan perangkat headset yang ada pada paket penjualan. Dan yang menarik, teknologi pengisian daya super cepat 22,5 W kini hadir di ponsel nova melalui adapter cahrger bawaan dan melalui port USB Type C ini.

Layar Punch Fullview

Dibandingkan dengan produk nova sebelumnya yang pernah hadir di Indonesia, nova 5T membawa desain layar yang berbeda. Layar 6,36 inci ini menampilkan kamera di bawah layar dengan lubang puch yang ada di si kiri atas ponsel.

Display ini memancarkan gambar dengan resolusi FHD plus 2340 x 1080 pixel. Merupakan standar baru untuk memperlihatkan file multimedia kekinian, termasuk juga game kesayangan Anda.

AI Quad camera

Huawei nova 5T dilengkapi dengan 4 kamera AI sebagai deret kamera utama yang diuletakkan di bagian belakang ponsel. Tujuannya tentu saja agar pengguna bisa memaksimalkan fitur kamera ponsel ini untuk kegiatan sehari-hari, sehingga hasil fotonya tidak malu-maluin ketika diupload di sosial media mereka.

Berhasilkah? Kenapa tidak? Meski tanpa kerja sama dengan Leica, yang juga menjadi perbedaan signifikan produk ini dengan kakaknya yang seri P30, hasilnya cukup mengejutkan. AI nampak berjalan efektif, meskipun kadang dianggap berlebihan sehingga mengubah sedikit warna obyek dari warna aslinya. Tapi, bukan berarti tidak dapat diperbaiki melalui sedikit utak atik setingan.

Tapi sebelum masuk ke hasil kamera secara khusus, mungkin saya perku menjelaskan konfigurasi 4 kamera yang ada di ponsel ini.

Pertama ada kamera utama 48MP dengan bukaan f/1.8. Bertugas mendapatkan gambar yang solid, tetap fokus meskipun foto tersebut dicrop dan diperbesar, serta mampu berbicara banyak di kondisi cahaya yang remang hingga ke titik ISO 102400. Kamera ini ada di urutan kedua dari atas, jika ponsel diletakkan secara tertelungkup portrait.

Kedua ada kamera super wide angle 16 MP dengan bukaan F/2.2. Bertugas menghasilkan foto dalam sudut yang lebih lebar, sehingga Anda bisa mengabadikan sebuah obyek, lengkap dengan background yang tidak terpotong karena jarak pemotretan yang tidak memungkinkan.

Ketiga ada kamera depth untuk memunculkan efek bokeh dengan lebih baik lagi. Kamera 2 MP ini memiliki bukaan f/2.4.

Lalu terakhir ada kamera Macro 2MP f/2.4 yang bertugas memiotret obyek dari jarak dekat hingga 4 cm dari lensa.

Hasil kamera dan fitur-fitur lain yang ada di dalamnnya akan kita bahas besok di tulisan yang terpisah. Jadi stay tune ya. O iya, untuk sementar Anda bisa cek hasil foto yang sudah kami persiapkan di FLICKR kami.

contoh hasil pemotretan malamcontoh hasil pemotretan malam

Kamera 32MP Selfie

Selain 4 kamera utama, nova 5T juga membawa kamera depan dengan desain unik di sudut kiri atas layar. Kamera ini berkekuatan 32 MP dengan bukaan f/2.0. Seperti biasa di kamera depan ini sudah hadir fitur HDR+ dan beautification yang dibuat pintar dan bekerja tergantung dari fitur wajah pengguna.

Performa Flagship dari Baterai Sampai SoC

Saat diumumkan membawa SoC Kirin 980, dan dibanderol dengan harga yang relatif masuk akal, saya termasuk yang menunggu produk in iuntuk hadir di Indonesia. Seperti yang telah Anda ketahui, Kirin 980 merupakan otak yang bertanggung jawab pada kinerja flagship Huawei terdahulu, yakni Huawei P30 dan P30 Pro.

Secara singkat Anda bisa berharap bahwa ponsel ini mampu menjalankan semua game HD dengan kualitas grafis terbaik dengan performa yang lancar. Disokong juga dengan fitur GPU Turbo 3.0 kita dapat memainkan game-game terkenal dengan lebih efektif. Saat ini ada sekitar 25 game mendukung fitur ini, dan percayalah semua game itu adalah game yang populer saat ini. Termasuk PUBG, FIFA Mobile dan Fortnite.

Pembahasan lebih lanjut mengenai kemampuan gaming dan hasil benchmark secara lebgkap bisa Anda baca di artikel lanjutan yang bisa Anda harpakan hadir tanggal 29 September, atau Review lengkapnya di minggu yang sama. Atau di Tabloid PULSA cetak edisi berikutnya ya (Edisi 423).

Keberadaan SoC ini juga kemudian ditemani dengan RAM 8 GB dan ROM 128 GB. Membuatnya mampu memberikan kinerja multitasking dan penyimpanan file yang cukup lega.

EMUI 9.1, Platform Aman dan Mudah Berbagi Data

Huawei nova 5T masih disokong oleh Google Mobile Service. Yang artinya, produk ini masih menjalankan Android terbaru 9 Pie dengan UI custom EMUI 9.1. Tidak perlu khawatir akan kesulitan memperoleh aplikasi, karena selain Google Play Store, kita pun bisa berlatih menggunakan toko aplikasi bawaan EMUI yaitu Huawei AppGallery.

Huawei menggunakan format file EROFS alias Extandable Read-Only File System untuk keamanan file yang lebih baik. Juga mampu meningkatkan kecepatan baca file hingga 20%, menambah responsivitas sistem untuk membuka aplikasi.

Huawei Share pun hadir di sini. Membantu Anda untuk dapat mengirimkan file ke perangkat lain dengan lebih mudah dan cepat. Bahkan dengan hadirnya NFC, maka kegiatan berkirim file dari satu perangkat ponsel Huawei ke laptop Huawei ataupun printer bisa dilakukan dengan hanya satu sentuhan saja.

Info Tambahan

Pemesanan nova 5T dapat dilakukan di toko online dan offline. Untuk Online bisa dilakukan melalui JD.ID mulai 26 September hingga 2 Oktober. Untuk konsumen yang ingin memesan secara offline, bisa mendapatkannya di Huawei High-End Experience Shop (HES) Mal Taman Agggrek Jakarta dan Huawei Experience Shop (HES) di Surabaya. Kemudian Erafone yang merupakan ritel premium Huawei, dan toko lainnya. Huawei nova 5T juga menawarkan promo menggunakan Blibli instore dengan cashback Rp 300.000. Metode pembayaran dapat menggunakan kartu kredit atau non kartu kredit. Dan, pre order dapat dilakukan di HES Surabaya, Apollo, UMSL, Meteor, TOP Cell, Fonel, Felixindo, toko PDA, dan toko Goal Mobile. Untuk promo bank, akan ada penawaran cashback sebesar Rp. 300.000 dari BCA, CIMB Niaga, Mandiri, Standard Chartered, Citibank, dan American Express. Kartu kredit dapat digunakan di Erafone, Telesindo, Celular World, dan toko-toko lainnya.

Pada periode pre order, Huawei juga menyediakan promosi tukar tambah (trade in). Program trade-in adalah program di mana konsumen dapat membeli nova 5T dengan menukar smartphone lama dan membayar selisih harga. Tukar tambah ini dapat dilakukan di Laku6 dan ada juga cashback hingga batas Rp 500.000 dengan kuota. Perlu diketahui, tukar tambah ini kali pertama dilakukan oleh brand smartphone di Indonesia saat menjual produk terbarunya paska diluncurkan.

Setiap pembelian nova 5T selama pre order, bisa memilih paket bundling pasca bayar dari operator, sebagai berikut: 

Telkomsel mendapatkan paket Halo Device Plan hingga 6 bulan secara GRATIS.  Yakni, berupa 18 GB, 170 menit bicara dan 100 SMS. 

Indosat Ooredoo akan mendapatkan paket Super Plan 150 selama satu tahun secara GRATIS, yakni credit balance senilai Rp 150.000 setiap bulan.

XL Prioritas mendapatkan paket Gold 12 selama satu tahun secara GRATIS. Yakni, data 5GB, chatting WhatsApp dan Line tanpa batas, untuk ke operator lain telefon 10 menit. Untuk ke sesama XL telfon dan SMS tanpa batas. 

Dengan membeli paket Platinum 24, konsumen mendapatkan smartphone nova 5T seharga Rp 1.699.000. 

Bila konsumen tidak memilih paket pasca bayar, maka konsumen akan mendapatkan kartu perdana prabayar Telkomsel TAU Medium secara GRATIS dengan benefit 30 GB seharga Rp 55.000 untuk 3 bulan.  

Setelah periode pre order usai, penjualan pertama akan dibuka dari 3 Oktober hingga 18 Oktober. Berbeda dengan periode pre order, sekarang hadiah yang diperoleh konsumen senilai Rp 2 juta dalam bentuk Huawei Band3, dan Huawei Freelace. Pembelian pertama dapat dilakukan di Huawei HES, Toko resmi Huawei atau official store Huawei di JD.ID, Lazada, Shopee, Blibli, Tokopedia, Erafone.com, dan toko offline yang menjual nova 5T. Semua produk Huawei nova 5T dengan garansi service satu tahun.