pulsa-logo

Android 10 Go Edition Bikin Smartphone Murah Tetap Ngebut


Nariswari

Kamis, 26 September 2019 • 13:38

Android 10 Go Edition Bikin Smartphone Murah Tetap Ngebut


Android 10 Go Edition (Gizcgina)Android 10 Go Edition (Gizcgina)

Kemarin (25/9) Google secara resmi meluncurkan Android Go versi baru, yakni Android 10 Go Edition. Platform perangkat lunak yang didedikasikan oleh Google ini ditujukan untuk perangkat  ekonomis dengan fitur dan perangkat keras yang standar /terbatas. Google menjelaskan bahwa Android 10 Go Edition akan menghadirkan kecepatan tinggi dan keamanan yang lebih baik.

Android 10 Go Edition akan ditujukan untuk smartphone dengan maksimum RAM 1,5 GB. Di antara inovasi utama dari rilis Android 9 Go Edition lalu, memang terlihat adanya peningkatan yang signifikan sekitar 10%.  Menurut Google, ini terlihat terutama dari kecepatan pembukaan aplikasi. Berita bagus lainnya dari Android 10 Go Edition adalah pengenalan enkripsi perangkat. Hal terpenting lainnya yang dihadirkan dari Android 10 Go Edition  adalah keamanan data pribadi pengguna yang lebih ditingkatkan berkat Adiantum. Jenis enkripsi baru ini khusus dikembangkan untuk perangkat entry level.

Selain itu, Android 10 Go Edition menghadirkan beberapa fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan aplikasi Google. Google Go mencakup fitur-fitur baru berdasarkan pada dukungan kecerdasan buatan. Seperti membaca teks dan Lens Go yang juga menawarkan terjemahan instan dari teks berbingkai. Selain itu ada  YouTube Go, khususnya yang dioptimalkan agar efisien bahkan dengan koneksi yang lambat. Dan Gallery Go yang  hanya berbobot file  10 MB yang  menawarkan kontribusi kecerdasan buatan untuk mengorganisasi otomatis gambar yang disimpan dalam perangkat.

Ekosistem Android 10 Go Edition juga mencakup aplikasi pihak ketiga dengan optimisasi untuk konteks perangkat keras yang terbatas.  Termasuk Uber, Facebook Messenger, Twitter, dan Spotify. Dan Google mendesak pengembang aplikasi yang tertarik untuk berkonsultasi dan mengembangkan aplikasi buatan mereka ke Android Go Edition.

Bersamaan dengan munculnya platform perangkat lunak yang simple dan hebat ini, Google tetap terus  mengembangkan pasar smartphone Android Go.  Dalam 18 bulan terakhir, sudah ada sekitar 500 produsen yang telah berinvestasi dalam platform Android Go ini, dan menghadirkan lebih dari 1.500 model smartphone entry level yang dijual di setidaknya 180 negara di seluruh dunia. Di antara smartphone ini, ada beberapa perangkat populer seperti Redmi Go dan Samsung A2. (*)

Sumber