pulsa-logo

Tanpa Leica, Kamera Huawei nova 5T Bisa Sebagus Apa?


Ahmad S.

Kamis, 26 September 2019 • 20:20

huawei, nova, nova 5t, indonesia, kamera, camera, pulsa


Melanjutkan tulisan mini review kemarin, ulasan kali ini akan banyak membahas masalah kamera Huawei nova 5T.

Huawei nova 5T tercatat tidak membawa embel-embel Leica layaknya produk Flagship Huawei P30 dan P30 Pro yang memperoleh nilai tinggi di Dxomark. Tapi secara teori, dengan pengolahan algoritma yang sama, disokong oleh chipset yang setara, besar kemungkinan nova 5T memiliki kinerja kamera yang tak jauh berbeda.

Kecuali tentu saja tidak ada kamera zoom optical, nova 5T membawa banyak kamera untuk menyokong penggunaan yang berbeda. Kabar gembira untuk reviewer, karena semakin banyak yang dapat dibahas dalam tulisan kita.

Hardware

Huawei nova 5T dilengkapi dengan 4 kamera AI sebagai deret kamera utama yang diuletakkan di bagian belakang ponsel. Tujuannya tentu saja agar pengguna bisa memaksimalkan fitur kamera ponsel ini untuk kegiatan sehari-hari, sehingga hasil fotonya tidak malu-maluin ketika diupload di sosial media mereka.

Pertama ada kamera utama 48MP dengan bukaan f/1.8. Bertugas mendapatkan gambar yang solid, tetap fokus meskipun foto tersebut dicrop dan diperbesar, serta mampu berbicara banyak di kondisi cahaya yang remang hingga ke titik ISO 102400. Kamera ini ada di urutan kedua dari atas, jika ponsel diletakkan secara tertelungkup portrait.


Kedua ada kamera super wide angle 16 MP dengan bukaan F/2.2. Bertugas menghasilkan foto dalam sudut yang lebih lebar, sehingga Anda bisa mengabadikan sebuah obyek, lengkap dengan background yang tidak terpotong karena jarak pemotretan yang tidak memungkinkan.

Ketiga ada kamera depth untuk memunculkan efek bokeh dengan lebih baik lagi. Kamera 2 MP ini memiliki bukaan f/2.4.

Lalu terakhir ada kamera Macro 2MP f/2.4 yang bertugas memotret.

Selain 4 kamera utama, nova 5T juga membawa kamera depan dengan desain unik di sudut kiri atas layar. Kamera ini berkekuatan 32 MP dengan bukaan f/2.0. Seperti biasa di kamera depan ini sudah hadir fitur HDR+ dan beautification yang dibuat pintar dan bekerja tergantung dari fitur wajah pengguna.

Software dan Fitur

Masih menggunakan UI kebanggan Huawei EMUI, tak heran jika tampilan menu fotografi pun terbilang tidak banyak berubah. Dalam kondisi portrait, kita bisa menemukan sejumlah pilihan pemotretan diantaranya adalah Photo (default), geser ke kanan ada Video dan More, sementara jika digeser ke kiri ada Portrait, Night dan AR Lens.

Sementara di bagian atas ada pilihan settings, AI, flash dan HiVision. Lalu pada bagian paling bawah ada pilihan Gallery, tombol shutter virtual dan tombol untuk mengganti kamera depan/belakang.

Di bagian photo, Anda bisa melakukan pemotretan normal yang secara default akan menangkap gambar dengan kualitas 12 MP dan AI menyala. Anda bisa merubahnya dengan menekan settings, atau menekan tombol AI.

Pemotretan wide angle pun dapat dilakukan dari moda ini. Dimana secara otomatis ponsel akan mengganti kamera yang digunakan. Kita tidak akan merasakan perubahan kamera yang dilakukan oleh sistem.

Di bagian more atau bagian pilihan paling kanan, kita masih menemukan sejumlah mode pemotretan khas kamera Huawei, termasuk Light painting, apperture, pro, HDR dan Super Macro. Semua kebutuhan fotografi mobile Anda tersedia di sini dan mudah dimengerti.

Lalu ke bagian setting, terutama di bagian resolution, kita dapat menemukan moda pemotretan 48MP AI Ultra Clarity. Anda perlu memastikan pilihan ini ON setiap kali inngin mengambil gambar dengan kualitas seperti ini.

Untuk melakukan foto wide angle, Anda harus mengaturnya ke resolusi 16 MP, atau biarkan ke setingan default. Karena hanya dengan pemilihan resolusi ini, Anda bisa menemukan 3 titik pengaturan zzoom, yakni 2X, 1X dan Wide.

Dan setiap pengambilan gambar dengan mode-mode yang di luar pemotretan normal, kita akan diminta untuk menahan ponsel beberapa detik sampai proses yang dilakukan kamera selesai. Ini harus menjadi catatan.

Kualitas Gambar

Bicara kualitas, secara umum saya aman menyatakan bahwa kamera Huawei nova 5T benar-benar mengandalkan AI yang tertanam pada chipset untuk bisa menghasilkan gambar yang menarik. 

Setiap orang memang memiliki kecenderungan yang berbeda tentang warna. Namun satu hal yang pasti, kamera ponsel Huawei nova 5T memperlihatkan nilai kontras yang baik serta kualitas foto malam yang bisa diadu dengan merek lain.

Anda bisa melihat contohnya sebagai berikut.

Outdoor 1

Foto ini diambil dari sudut yang lebih rendah, mengambil obyek yang memiliki warna cerah dengan background langit. Anda bisa melihat bahwa ini adalah kondisi ideal, dimana cahaya matahari jatuh secara optimal dan menghasilkan gambar yang solid. Fokus hampir di tiap sudut foto dengan detil yang tajam.

Outdoor 2

Lalu kami mencoba untuk mengambil gambar landscape dari titik favorit kami. Pertama adalah foto landscape biasa membelakangi matahari. Gedung tampak memantulkan cahaya sore yang teduh dengan pewarnaan yang mendekati asli. DI foto kedua kami mencoba menggunakan lensa wide anglenya. Tidak banyak perubahan tentu saja, selain sudutnya yang lebih besar, ada perubahan tone warna dimana semurat senja tampak sedikit dihilangkan, menghasilkan gambar yang cenderung memiliki warna seragam, namun juga tidak jauh dari kondisi aslinya.

indoor

Pengambilan gambar di dalam ruangan masih bisa memuaskan kita. Foto pertama memperlihatkan pemotretan menghadap arah cahaya masuk. Detil obyek masih bisa tertangkap baik. Pertanda fitur HDR berjalan dengan sempurna. Sementara gambar kedua memperlihatkan tone warna yang mencuat di bawah lampu penerangan dengan intensitas rendah.

Makro

Jujur saya sedikit skeptis tentang keberadaan lensa makro ini. Karena dengan mengandalkan lensa 2MP saya pikir hasilnya pun akan sama seperti beberapa ponsel yang menggunakan lensa makro. Mengecewakan. Nyatanya di kamera ponsel ini ada sediit peningkatan. Saya cukup puas dengan hasil jepretannya di saat flashnya dibiarkan menyala. Sementara saat flash mati alias kondisi pencahayaan di bawah rata-rata, maka hasilnya sedikit kurang fokus. Perlu diingat bahwa pengambilan makro ini akan efektif jika dilakukan pada jarak kurang lebih 4 cm dari obyek.

NightMode

Jika kita melihat dengan mata telanjang, pemandangan malam dari titk yang sama dengan pengambilan gambar ini adalah gelap gulita. Mata saya tidak berhasil melihat awan dan tembok yang ada di bawah bagian foto. Namun kamera Huawei nova 5T dapat memperlihatkannya dengan baik, bahkan spot-spot yang sebelumnya tidak terlihat dengan mata telanjang. Upaya itu kemudian tidak mengurangi ketajaman gambar.

Selfie

Tidak ada yang menarik untuk dibahas di bagian ini, bukan karena obyek fotonya yang kurang menarik, melainkan fitur yang dibawa termasuk standar dibandingkan produk lain yang berkonsentrasi di bagian ini.

Tapi bukan berarti tidak bagus. Meski terdiri dari hanya satu kamera, kamera selfie yang dilengkapi AI ini mampu menghasilkan gambar dengan background yang ngeblur alias bokeh.

Seperti biasa semua foto yang tertampil pada tulisan ini bisa Anda lihat dan amati dalam resolusi asli di FLICKR kami. (@halusanusi/USI)