pulsa-logo

Pas Buat NgeGame, Huawei nova 5T Dilengkapi GPU Turbo Terbaru


Ahmad S.

Selasa, 01 Oktober 2019 • 18:26

huawei, nova, 5t, game, kirin 980, murah, flagship


Sesuai janji di tulisan mengenai Huawei nova 5T sebelumnya, selain mengupas secara singkat fitur yang dibawa, dan kehebatan kameranya, maka kali ini, kita akan bahas tuntas mengenai performa ponsel ini, untuk kegiatan sehari-hari pengguna.

Huawei nova 5T membawa SoC yang terbilang sekelas flagship, yaitu Kirin 980. SoC ini juga digunakan oleh Huawei P30  dan P30 Pro dan sudah barang tentu memiliki potensi yang sangat besar, mengingat dari sisi hardware pendukung, nova 5T tidak se-demanding P30 dan P30 Pro.

Desain Kirin 980

Kirin 980 membawa prosesor 8 inti dengan konfigurasi 2x prosesor berbasis Cortex -A76 dengan clock speed 2.6 GHz, lalu ada 2x chip prosesor berbasis Cortex-A76 dengan clock speed 1.92 GHz dan terakhir ada 4x prosesor Cortex-A55 dengan clock speed 1.8 GHz. 

Kedelapan chip prosesor ini kemudian ditemani oleh Dual NPU (Neural-Network Processing Unit) yang bertugas penting dalam melakukan efektivitas kerja Chipset, termasuk di dalamnya menjadikan baterai lebih tahan lama.

Membawa RAM 8 GB dan ROM 128 GB, maka proses yang berjalan pada sistem dapat berjalan dengan lebih baik. Sekedar perbandingan Huawei P30 Pro yang harganya di atas 10 juta juga membawa RAM dengan besaran yang sama, yakni 8GB.

Melihat penjelasan ini, baik reviewer maupun calon pengguna yang masih ragu-ragu untuk pre-order mestinya tidak lagi khawatir terkait performa yang diharapkan pada produk ini.


Benchmarking

Masuk ke bagian benchmark, yang perlu kita sepakati bahwa ada kemungkinan perbedaan hasil benchmark yang kami lakukan dengan yang Anda lakukan di rumah. Karena perhitungan menggunakan software seperti ini bisa terpengaruh oleh sejumlah faktor eksternal semisal kecepatan transfer data dan kondisi file yang ada atau terinstal di ponsel kita.

Pengujian pertama, kami mendapatkan angka yang berkisar antara 290.913 hingga 142.667 di Antutu versi terbaru. Terlihat sangat lebar. Tapi ini bisa dimengerti karena pengukuran dilakukan di dua tempat berbeda, dengan kondisi ponsel yang sudah berbeda pula. Namun intinya, angka tersebut sudah menggambarkan performanya yang apik, mulai dari sekedar menjaga kestabilan sistem saat melakukan multi tasking, membuka aplikasi hingga menjaga performa saat bermain game 3D.

Selain Antutu, seperti biasa kami menguji juga dengan GeekBench. Di geekbench versi terbaru- geekbench 5, kami mendapatkan hasil 461 untuk single core dan 1126 untuk multi-core.

Sementara untuk benchmark 3DMark, kami menemukan dua nilai yang cukup berbeda. Pertama, saat baru menerima ponsel, kami mendapatkan nilai 4000 an di Sling Shot Extreme – Open GL dan Vulkan, lalu ketika ponsel sudah penuh dengan aplikasi, nilainya masih bagus di angka 1048 untuk OpenGL ES 3.1 dan 1123 di Vulkan. Alias di atas rata-rata ponsel kelas menengah yang pernah kami tes.

Bermain Game

Saatnya mencoba ponsel ini untuk bermain game. Membawa ROM 128GB, ponsel ini memberikan ruang yang cukup lega untuk menginstal banyak aplikasi, termasuk game-game favorit yang besaran filenye cukup tinggi.

Ada Call of Duty Mobile, Asphalt 9, PUBG Mobile dan FIFA Mobile. 4 Game yang biasa kami mainkan di waktu luang. Tercatat banyak penggunanya, serta kebutuhan akan spek hardwarenya terbilang cukup menantang.

Pertama yang kami coba tentu saja yang sedang hangat dibicarakan karena relatif masih baru, yakni Call of Duty Mobile. Sesuai dugaan kami, tidak ada masalah dengan gameplay dan grafis. Kami dapat bermain dengan nyaman.

Dalam game FPS seperti ini framerate adalah pembeda. Dan di sisi ini, tidak ada keluhan. Kecuali mungkin di sisi koneksi, tapi itu adalah masalah di sisi gamenya. Bukan di ponsel.

Game kedua adalah PUBG Mobile. Sistem langsung merekomendasikan kita untuk menggunakan setingan grafis yang paling tinggi. Tidak heran. Dan ketika bermain pun baik grafis maupun frame rate bisa dibilang stabil.

Pilihan Grafis pada PUBG MobilePilihan Grafis pada PUBG Mobile

Bermain kedua game di atas selama 30 sampai 60 menit, bagian belakang ponsel memang mengalami peningkatan suhu yang cukup drastis namun tidak sampai membuat kita tidak nyaman. Dimana persentase baterai berkurang sekitar 17-20%.

Berikutnya adalah FIFA Mobile dan Asphalt 9. Keduanya berjalan lancar tanpa lag sama sekali dengan kualitas grafis yang oke. Saat bermain dua game ini suhu ponsel tidak terlalu meningkat secepat game PUBG Mobile dan CoD Mobile. 

Memanfaatkan fitur GPU Turbo yang telah disiapkan untuk sejumlah game favorit, juga hadirnya AppAssistant, kita akan merasakan pengalaman ngegame yang lebih lancar dan tidak akan terganggu oleh notifikasi saat bermain game. App Assistant dulunya dikenal sebagai game suite, dibuat untuk membuat nyaman bermain game atau aplikasi lain, dengan mengotomatisasi ukuran layar, koneksi dengan gamepad Bluetooth yang disupport serta fungsi lain semisal notifikasi yang tidak menganggu permainan kita.

Huawei nova 5T merupakan produk kelas menengah dengan spesifikasi hardware layaknya ponsel flagship. Ponsel ini telah membawa 4 kamera utama untuk beragam kebutuhan, termasuk low-light photography, super wide-angle dan super macro. Diperkuat oleh SoC Kirin 980 dengan dual NPU, maka hampir semua fungsi bekerja secara optimal, dijaga oleh fitur pintar.

Produk ini dijual dengan harga Rp 6.899.000 dan bagi Anda yang melakukan pre-order via JD.ID hingga tanggal 2 Oktober besok, Anda bisa mendapatkan benefit seharga Rp 2.675.000. Lumayan kan? Hitung-hitung kita bisa mendapatkan produk ini hanya dengan 4 jutaan saja. (@halusanusi)