pulsa-logo

Awas, 11 Smartphone Andorid ini Memiliki Kerentanan Berbahaya


Nariswari

Senin, 07 Oktober 2019 • 13:11

11 Smartphone Andorid ini Memiliki Kerentanan Berbahaya


ilustrasiilustrasi

Kerentanan baru yang berbahaya di perangkat berbasis OS Android, ditemukan  oleh group keamanan Google, Project Zero. Kerentanan tersebut dapat memengaruhi beragam perangkat dari beberapa smartphone populer yakni Google, Samsung, Xiaomi, LG, Huawei dan beberapa produsen lainnya.

Project Zero minggu lalu mengatakan bahwa kerentanan sudah dieksploitasi oleh penyerang secara masif. Menurut posting tentang kerentanan tersebut, ada sedikit atau bahkan tak memerluka kustomisasi untuk root ponsel yang terinfeksi.

Ada kemungkinan bahwa bug tersebut digunakan oleh NSO, sebuah perusahaan perangkat lunak keamanan yang berbasis di Israel. Namun, juru bicara NSO mengatakan bahwa NSO tidak menjual dan tidak akan pernah menjual eksploitasi atau kerentanan lewat bug.

Sebenarnya bug tersebut telah sempat diatasi pada versi sebelumnya 3.18, 4.4, dan 4.9 dari AOSP Android Kernel pada bulan Desember 2017 tetapi telah muncul kembali dalam versi bug baru.

Berikut ini adalah daftar perangkat yang terpapar kerentanan tersebut:

  1. Google Pixel 2
  2. Huawei P20
  3. Redmi 5A
  4. Redmi Note 5
  5. Xiaomi Mi A1
  6. OPPO A3
  7. Moto Z3
  8. LG smartphone apapun yang masih menjalankan OS Android Oreo
  9. Samsung Galaxy S7
  10. Samsung Galaxy S8
  11. Samsung Galaxy S9

Kerentanan tersebut  dieksploitasi secara lokal, sehingga pengguna perangkat-perangkat tersebut sangat disarankan untuk tidak mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak tepercaya. Dan disarankan bagi pengguna untuk tidak mendownload pembaruan dari sumber manapun, hingga update perangkat lunak resmi diluncurkan untuk mengatasi kerentanan tersebut. (*)


Sumber