pulsa-logo

Google Syaratkan Semua Perangkat yang Rilis Setelah 31 Januari 2020 Pakai Android 10


Nariswari

Rabu, 09 Oktober 2019 • 16:39

Google Syaratkan Semua Perangkat yang Rilis Setelah 31 Januari 2020 Pakai Android 10


ilustrasi/doc PULSA (istimewa)ilustrasi/doc PULSA (istimewa)

Sistem operasi versi terbaru Google, yakni OS Android 10 diluncurkan pada awal September 2019 lalu,  dan Google kemarin (8/10) mengumumkan himbauan ke publik, bahwa semua perangkat yang diluncurkan setelah 31 Januari 2020 harus menjalankan OS versi baru yakni OS Android 10.

Menurut XDA Developer, Google akan mengotorisasi penggunaan GMS (Google Mobile Service -Layanan Seluler Google) hanya jika OEM telah menyediakan build yang didasarkan pada OS Android 10 terbaru.

Langkah besar  yang dibuat oleh Google ini adalah bertujuan untuk memastikan semua OEM atau produsen perangkat pintar akan menyediakan update perangkat lunak terbaru untuk pengguna mereka. Dan Google akan dapat meluncurkan pembaruan perangkat lunak dan patch keamanan yang tepat waktu.

Namun, dokumen dari XDA Developer tersebut mengatakan bahwa build tersebut harus disetujui oleh  Google sebelum 31 Januari 2020, yang berarti secara teknis dimungkinkan bagi jajaran OEM untuk meluncurkan smartphone terbaru setelah tanggal tersebut. Google mengatakan bahwa smartphone tersebut tidak masalah  menjalankan OS Android versi yang lebih lama asalkan perangkat lunaknya sudah siap sebelumnya.

GMS pada dasarnya adalah paket aplikasi Google, termasuk Google Play Store dan Google Service yang disediakan oleh semua smartphone di luar China. Satu pengecualian utama adalah Huawei Mate 30 Series, yang diluncurkan di seluruh dunia tanpa dukungan Google Android (karena larangan perdagangan Huawei oleh AS). (*)

Sumber via